Daftar Isi:
  • Pendekatan saintifik belum terimplementasi dengan baik sehingga perlu dikembangkan strategi untuk mempermudah pelaksanaannya dalam pembelajaran terutama pada pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi scaffolding yang valid, praktis,dan efektif untuk membantu implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep. Penelitian dilaksanakan dalam dua tahapan yaitu mengembangkan strategi dan tahap ujicoba. Draft strategi dan perangkat pembelajaran selanjutnya divalidasi pakar pada acara focus group discussion. Strategi dan perangkat yang telah memenuhi kriteria validitas selanjutnya dimodelkan oleh peneliti kepada dosen pengajar. Hasil Pemodelan diseminarkan untuk menjaring masukan dari pakar. Hasil Revisinya digunakan untuk ujicoba. Pemodelan dan ujicoba dilaksanakan di Jurusan PGMI UIN Sunan Ampel Surabaya dengan jumlah mahasiswa saat pemodelan sebanyak 12 orang dan 75 orang pada ujicoba. Mahasiswa diberi pretest sebelum pembelajaran dengan strategi IMWR dan diberi posttest setelah pembelajaran dengan soal sama. Selama pembelajaran dilakukan observasi keterlaksanaan strategi scaffolding, aktivitas mahasiswa, dan kendala yang muncul. Pada akhir pembelajaran mahasiswa diminta mengisi angket untuk mengetahui responnya terhadap penggunaan strategi scaffolding IMWR pada pendekatan saintifik. Analisis data dilakukan untuk menentukan n-gain yang diperoleh berdasarkan nilai pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi scaffolding IMWR yang mempunyai 4 langkah yaitu inspiring-modeling-writing-reporting bersifat valid. Semua langkah strategi dapat digunakan untuk membantu menerapkan pendekatan saintifik dan terlaksana dalam proses pembelajaran sehingga bersifat praktis. Penerapan strategi ini dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep dengan n-gain kategori sedang sehingga efektif digunakan dalam pembelajaran