ctrlnum 15748
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.uinsby.ac.id/15748/</relation><title>STRATEGI SCAFFOLDING INSPIRING-MODELING-WRITING-REPORTING (IMWR) DALAM MENERAPKAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGUASAAN KONSEP</title><creator>Wakhidah, Nur</creator><subject>Metode Pembelajaran</subject><subject>Pendidikan</subject><subject>Metode</subject><description>Pendekatan saintifik belum terimplementasi dengan baik sehingga perlu dikembangkan strategi untuk mempermudah pelaksanaannya dalam pembelajaran terutama pada pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi scaffolding yang valid, praktis,dan efektif untuk membantu implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep.&#xD; Penelitian dilaksanakan dalam dua tahapan yaitu mengembangkan strategi dan tahap ujicoba. Draft strategi dan perangkat pembelajaran selanjutnya divalidasi pakar pada acara focus group discussion. Strategi dan perangkat yang telah memenuhi kriteria validitas selanjutnya dimodelkan oleh peneliti kepada dosen pengajar. Hasil Pemodelan diseminarkan untuk menjaring masukan dari pakar. Hasil Revisinya digunakan untuk ujicoba. Pemodelan dan ujicoba dilaksanakan di Jurusan PGMI UIN Sunan Ampel Surabaya dengan jumlah mahasiswa saat pemodelan sebanyak 12 orang dan 75 orang pada ujicoba. Mahasiswa diberi pretest sebelum pembelajaran dengan strategi IMWR dan diberi posttest setelah pembelajaran dengan soal sama. Selama pembelajaran dilakukan observasi keterlaksanaan strategi scaffolding, aktivitas mahasiswa, dan kendala yang muncul. Pada akhir pembelajaran mahasiswa diminta mengisi angket untuk mengetahui responnya terhadap penggunaan strategi scaffolding IMWR pada pendekatan saintifik. Analisis data dilakukan untuk menentukan n-gain yang diperoleh berdasarkan nilai pretest dan posttest.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi scaffolding IMWR yang mempunyai 4 langkah yaitu inspiring-modeling-writing-reporting bersifat valid.&#xD; Semua langkah strategi dapat digunakan untuk membantu menerapkan pendekatan saintifik dan terlaksana dalam proses pembelajaran sehingga bersifat praktis. Penerapan strategi ini dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep dengan n-gain kategori sedang sehingga efektif digunakan dalam pembelajaran</description><date>2016</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15748/1/Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15748/2/Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15748/3/Daftar%20Isi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15748/4/Bab%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15748/5/Bab%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15748/6/Bab%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15748/9/Bab%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15748/7/Bab%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15748/8/Bab%206.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15748/10/Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Wakhidah, Nur (2016) STRATEGI SCAFFOLDING INSPIRING-MODELING-WRITING-REPORTING (IMWR) DALAM MENERAPKAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGUASAAN KONSEP. PhD thesis, Universitas Negeri Surabaya. </identifier><recordID>15748</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Wakhidah, Nur
title STRATEGI SCAFFOLDING INSPIRING-MODELING-WRITING-REPORTING (IMWR) DALAM MENERAPKAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGUASAAN KONSEP
publishDate 2016
topic Metode Pembelajaran
Pendidikan
Metode
url http://digilib.uinsby.ac.id/15748/1/Cover.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15748/2/Abstrak.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15748/3/Daftar%20Isi.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15748/4/Bab%201.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15748/5/Bab%202.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15748/6/Bab%203.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15748/9/Bab%204.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15748/7/Bab%205.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15748/8/Bab%206.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15748/10/Daftar%20Pustaka.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15748/
contents Pendekatan saintifik belum terimplementasi dengan baik sehingga perlu dikembangkan strategi untuk mempermudah pelaksanaannya dalam pembelajaran terutama pada pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi scaffolding yang valid, praktis,dan efektif untuk membantu implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep. Penelitian dilaksanakan dalam dua tahapan yaitu mengembangkan strategi dan tahap ujicoba. Draft strategi dan perangkat pembelajaran selanjutnya divalidasi pakar pada acara focus group discussion. Strategi dan perangkat yang telah memenuhi kriteria validitas selanjutnya dimodelkan oleh peneliti kepada dosen pengajar. Hasil Pemodelan diseminarkan untuk menjaring masukan dari pakar. Hasil Revisinya digunakan untuk ujicoba. Pemodelan dan ujicoba dilaksanakan di Jurusan PGMI UIN Sunan Ampel Surabaya dengan jumlah mahasiswa saat pemodelan sebanyak 12 orang dan 75 orang pada ujicoba. Mahasiswa diberi pretest sebelum pembelajaran dengan strategi IMWR dan diberi posttest setelah pembelajaran dengan soal sama. Selama pembelajaran dilakukan observasi keterlaksanaan strategi scaffolding, aktivitas mahasiswa, dan kendala yang muncul. Pada akhir pembelajaran mahasiswa diminta mengisi angket untuk mengetahui responnya terhadap penggunaan strategi scaffolding IMWR pada pendekatan saintifik. Analisis data dilakukan untuk menentukan n-gain yang diperoleh berdasarkan nilai pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi scaffolding IMWR yang mempunyai 4 langkah yaitu inspiring-modeling-writing-reporting bersifat valid. Semua langkah strategi dapat digunakan untuk membantu menerapkan pendekatan saintifik dan terlaksana dalam proses pembelajaran sehingga bersifat praktis. Penerapan strategi ini dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep dengan n-gain kategori sedang sehingga efektif digunakan dalam pembelajaran
id IOS2718.15748
institution UIN Sunan Ampel Surabaya
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 285
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya
library_id 456
collection Koleksi Digital UIN Sunan Ampel
repository_id 2718
subject_area Filsafat
Psikologi
Teknik Kimia
city KOTA SURABAYA
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS2718
first_indexed 2017-11-08T23:08:05Z
last_indexed 2019-06-14T01:27:07Z
recordtype dc
_version_ 1765779002138558464
score 17.538404