ctrlnum 15726
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.uinsby.ac.id/15726/</relation><title>PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TREFFINGER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATA PELAJARAN IPS MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN SOSIAL NEGARA-NEGARA TETANGGA SISWA KELAS VI DI MA&#x2019;ARIF NU KEDENSARI TANGGULANGIN SIDOARJO</title><creator>Susilaningtyas, Yullia</creator><subject>Pendidikan</subject><subject>Pendidikan Dasar</subject><description>Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya pemahaman siswa tentang mata pelajaran IPS materi kenampakan alam dan sosial negara-negara tetangga dikarenakan siswa kurang berani dalam mengungkapkan gagasan sehingga pemahaman siswa rendah. Untuk meningkatkan pemahaman tersebut diambil tindakan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Treffinger.Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan model pembelajaran treffinger untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas VI MI Ma&#x2019;arif NU Kedensari Tanggulangin Sidoarjo. (2) mengetahui peningkatan pemahaman materi kenampakan alam dan sosial pada siswa kelas VI MI Ma&#x2019;arif NU Kedensari Sidoarjo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin. Terdiri dari empat tahapan dalam satu siklus, yaitu: perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan Treffinger pada materi kenampakan alam dan sosial negara-negara tetangga dapat dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil observasi guru pada siklus I adalah 72,2% meningkat menjadi 91,6% pada siklus II. Peningkatan ini juga terjadi pada observasi keaktifan siswa pada siklus I yakni 68,75% meningkat menjadi 90,62% pada siklus II. (2) Adanya peningkatan proses pembelajaran berdampak pula pada peningkatan pemahaman siswa terhadap materi kenampakan alam dan sosial negara-negara tetangga. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 74,76 menjadi 82,80 pada siklus II yang secara klasikal sudah tuntas. Begitu pula dengan ketuntasan belajar siswa pada siklus I adalah 65,38% menjadi 92,30% pada siklus II dengan katagori baik.</description><date>2017-02-28</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15726/10/Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15726/1/Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15726/3/Daftar%20Isi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15726/4/Bab%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15726/7/Bab%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15726/8/Bab%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15726/13/Bab%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15726/9/Bab%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15726/12/Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Susilaningtyas, Yullia (2017) PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TREFFINGER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATA PELAJARAN IPS MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN SOSIAL NEGARA-NEGARA TETANGGA SISWA KELAS VI DI MA&#x2019;ARIF NU KEDENSARI TANGGULANGIN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya. </identifier><recordID>15726</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Susilaningtyas, Yullia
title PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TREFFINGER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATA PELAJARAN IPS MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN SOSIAL NEGARA-NEGARA TETANGGA SISWA KELAS VI DI MA’ARIF NU KEDENSARI TANGGULANGIN SIDOARJO
publishDate 2017
topic Pendidikan
Pendidikan Dasar
url http://digilib.uinsby.ac.id/15726/10/Cover.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15726/1/Abstrak.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15726/3/Daftar%20Isi.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15726/4/Bab%201.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15726/7/Bab%202.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15726/8/Bab%203.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15726/13/Bab%204.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15726/9/Bab%205.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15726/12/Daftar%20Pustaka.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15726/
contents Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya pemahaman siswa tentang mata pelajaran IPS materi kenampakan alam dan sosial negara-negara tetangga dikarenakan siswa kurang berani dalam mengungkapkan gagasan sehingga pemahaman siswa rendah. Untuk meningkatkan pemahaman tersebut diambil tindakan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Treffinger.Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan model pembelajaran treffinger untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas VI MI Ma’arif NU Kedensari Tanggulangin Sidoarjo. (2) mengetahui peningkatan pemahaman materi kenampakan alam dan sosial pada siswa kelas VI MI Ma’arif NU Kedensari Sidoarjo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin. Terdiri dari empat tahapan dalam satu siklus, yaitu: perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan Treffinger pada materi kenampakan alam dan sosial negara-negara tetangga dapat dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil observasi guru pada siklus I adalah 72,2% meningkat menjadi 91,6% pada siklus II. Peningkatan ini juga terjadi pada observasi keaktifan siswa pada siklus I yakni 68,75% meningkat menjadi 90,62% pada siklus II. (2) Adanya peningkatan proses pembelajaran berdampak pula pada peningkatan pemahaman siswa terhadap materi kenampakan alam dan sosial negara-negara tetangga. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 74,76 menjadi 82,80 pada siklus II yang secara klasikal sudah tuntas. Begitu pula dengan ketuntasan belajar siswa pada siklus I adalah 65,38% menjadi 92,30% pada siklus II dengan katagori baik.
id IOS2718.15726
institution UIN Sunan Ampel Surabaya
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 285
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya
library_id 456
collection Koleksi Digital UIN Sunan Ampel
repository_id 2718
subject_area Filsafat
Psikologi
Teknik Kimia
city KOTA SURABAYA
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS2718
first_indexed 2017-11-08T23:08:05Z
last_indexed 2019-06-14T01:27:07Z
recordtype dc
_version_ 1765779002181550080
score 17.538404