PENERAPAN STRATEGI CATATAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI ZAMAN PRA-AKSARA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS IV MI ISLAMIYAH PAKEL MONTONG TUBAN
Daftar Isi:
- Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa serta lemahnya proses kegiatan belajar mengajar yang masih terpusat pada guru yang akan berakibat pada rendahnya aktivitas belajar siswa di sekolah. subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IV MI Islamiyah Pakel Montong Tuban yang berjumlah 30 siswa.sebagai upaya yang dapat dilakukan untuk menanggulangi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan strategi catatan terbimbing. dengan strategi ini siswa berperan secara aktif dalam melakukan kegiatan belajar mengajar dan juga siswa akan lebih siap dan memahami suatu materi yang dipelajari. penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus yang meliputi rangkaian kegiatan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. hasil penelitian menunjukkan penerapan strategi catatan terbimbing pada pembelajaran materi zaman pra-aksara mata pelajaran IPS sudah terlaksana dengan lancar dan sangat baik. keberhasilan pelaksanaan kegiatan tersebut berdampak pada meningkatnya pemahaman siswa dalam memahami materi zaman pra-aksara. hal ini dibuktikan dengan nili yang dihasilkan siswa dalam melengkapi teks catatan terbimbing dengan prosentase ketuntasan klasikal 67% pada siklus I dan 76,6% pada siklus II. pembuktian juga dapat diketahui dari nilai siswa dalam mengerjakan soal uraian dengan prosentase ketuntasan klasikal 66,6% pada siklus I dan 83,3% pada siklus II.