ctrlnum 15538
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.uinsby.ac.id/15538/</relation><title>PENERAPAN STRATEGI CATATAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI ZAMAN PRA-AKSARA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS IV MI ISLAMIYAH PAKEL MONTONG TUBAN</title><creator>Fithriyah, Dewi Niswatul</creator><subject>Sejarah Indonesia</subject><subject>Sejarah</subject><description>Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa serta lemahnya proses kegiatan belajar mengajar yang masih terpusat pada guru yang akan berakibat pada rendahnya aktivitas belajar siswa di sekolah. subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IV MI Islamiyah Pakel Montong Tuban yang berjumlah 30 siswa.sebagai upaya yang dapat dilakukan untuk menanggulangi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan strategi catatan terbimbing. dengan strategi ini siswa berperan secara aktif dalam melakukan kegiatan belajar mengajar dan juga siswa akan lebih siap dan memahami suatu materi yang dipelajari. penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus yang meliputi rangkaian kegiatan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. hasil penelitian menunjukkan penerapan strategi catatan terbimbing pada pembelajaran materi zaman pra-aksara mata pelajaran IPS sudah terlaksana dengan lancar dan sangat baik. keberhasilan pelaksanaan kegiatan tersebut berdampak pada meningkatnya pemahaman siswa dalam memahami materi zaman pra-aksara. hal ini dibuktikan dengan nili yang dihasilkan siswa dalam melengkapi teks catatan terbimbing dengan prosentase ketuntasan klasikal 67% pada siklus I dan 76,6% pada siklus II. pembuktian juga dapat diketahui dari nilai siswa dalam mengerjakan soal uraian dengan prosentase ketuntasan klasikal 66,6% pada siklus I dan 83,3% pada siklus II.</description><date>2017-02-23</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15538/1/Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15538/6/Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15538/8/Daftar%20Isi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15538/9/Bab%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15538/10/Bab%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15538/11/Bab%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15538/14/Bab%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15538/12/Bab%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/15538/13/Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Fithriyah, Dewi Niswatul (2017) PENERAPAN STRATEGI CATATAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI ZAMAN PRA-AKSARA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS IV MI ISLAMIYAH PAKEL MONTONG TUBAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya. </identifier><recordID>15538</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Fithriyah, Dewi Niswatul
title PENERAPAN STRATEGI CATATAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI ZAMAN PRA-AKSARA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS IV MI ISLAMIYAH PAKEL MONTONG TUBAN
publishDate 2017
topic Sejarah Indonesia
Sejarah
url http://digilib.uinsby.ac.id/15538/1/Cover.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15538/6/Abstrak.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15538/8/Daftar%20Isi.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15538/9/Bab%201.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15538/10/Bab%202.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15538/11/Bab%203.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15538/14/Bab%204.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15538/12/Bab%205.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15538/13/Daftar%20Pustaka.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/15538/
contents Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa serta lemahnya proses kegiatan belajar mengajar yang masih terpusat pada guru yang akan berakibat pada rendahnya aktivitas belajar siswa di sekolah. subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IV MI Islamiyah Pakel Montong Tuban yang berjumlah 30 siswa.sebagai upaya yang dapat dilakukan untuk menanggulangi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan strategi catatan terbimbing. dengan strategi ini siswa berperan secara aktif dalam melakukan kegiatan belajar mengajar dan juga siswa akan lebih siap dan memahami suatu materi yang dipelajari. penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus yang meliputi rangkaian kegiatan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. hasil penelitian menunjukkan penerapan strategi catatan terbimbing pada pembelajaran materi zaman pra-aksara mata pelajaran IPS sudah terlaksana dengan lancar dan sangat baik. keberhasilan pelaksanaan kegiatan tersebut berdampak pada meningkatnya pemahaman siswa dalam memahami materi zaman pra-aksara. hal ini dibuktikan dengan nili yang dihasilkan siswa dalam melengkapi teks catatan terbimbing dengan prosentase ketuntasan klasikal 67% pada siklus I dan 76,6% pada siklus II. pembuktian juga dapat diketahui dari nilai siswa dalam mengerjakan soal uraian dengan prosentase ketuntasan klasikal 66,6% pada siklus I dan 83,3% pada siklus II.
id IOS2718.15538
institution UIN Sunan Ampel Surabaya
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 285
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya
library_id 456
collection Koleksi Digital UIN Sunan Ampel
repository_id 2718
subject_area Filsafat
Psikologi
Teknik Kimia
city KOTA SURABAYA
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS2718
first_indexed 2017-11-08T23:08:01Z
last_indexed 2019-06-14T01:27:02Z
recordtype dc
_version_ 1765779003113734144
score 17.538404