Musik Turunani sebagai SumberInspirasi Penciptaan Musik Etnis dengan Judul Mo'ela

Main Author: Monoarfa, Rangga Setiawan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Video
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.isi.ac.id/6310/1/BAB%20I.pdf
http://digilib.isi.ac.id/6310/2/BAB%20III.pdf
http://digilib.isi.ac.id/6310/3/SKRIPSI.pdf
http://digilib.isi.ac.id/6310/4/JURNAL.pdf
http://digilib.isi.ac.id/6310/5/00486.mp4
http://digilib.isi.ac.id/6310/
http://lib.isi.ac.id
ctrlnum 6310
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.isi.ac.id/6310/</relation><title>Musik Turunani sebagai SumberInspirasi Penciptaan Musik Etnis dengan Judul Mo'ela</title><creator>Monoarfa, Rangga Setiawan</creator><subject>Etnomusikologi</subject><description>Komposisi Mo&#x2019;ela merupakan suatu bentuk karya musik etnis yang lahir dari tradisi lisan dan pola ritme rebana masyarakat Gorontalo. Kisah hidup Nabi Ayyub AS oleh masyarakat Gorontalo diterjemahkan ke dalam pola-pola ritmis rebana yang sampai sekarang masih dipakai khususnya dalam kesenian Turunani. Kisah Nabi Ayyub AS dengan pola-pola ritme rebana tesebut kemudian ditransformasikan ke dalam sebuah karya musik etnis. Penciptaan sebuah karya komposisi musik tentu memerlukan metode sabagai landasan guna mewujudkan sebuah bentuk karya seni yang ideal. Pada kesempatan ini metode yang digunakan mengacu pada teori Alma M. Hawkins. Teori ini sering digunakan dalam komposisi karya-karya seni sebelumnya, yang menjadi kitab suci di Jurusan Seni Tari. Namun demikian teori ini bisa diaplikasikan dalam penciptaan musik etnis. Adapun teori penciptaan ini meliputi ekplorasi, improvisasi dan pembantukan atau komposisi. Penyajian komposisi Mo&#x2019;ela merupakan sebuah campuran antara instrumen etnis, barat dan olahan vokal. Selain itu juga diadopsi beberapa pola atau motif tabuhan dari rebana Gorontalo yang kemudian dikembangkan dengan teknik-teknik penggarapan musik. Bentuk penyajian yang ada dalam karya komposisi musik etnis&#xD; Mo&#x2019;ela mengacu pada kisah hidup Nabi Ayyub AS dan pola ritme rebana Gorontalo, secara garis besar terdapat tiga bagian suasana peristiwa dalam karya.</description><date>2020-01-12</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/6310/1/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/6310/2/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/6310/3/SKRIPSI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/6310/4/JURNAL.pdf</identifier><type>Video:Video</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/6310/5/00486.mp4</identifier><identifier> Monoarfa, Rangga Setiawan (2020) Musik Turunani sebagai SumberInspirasi Penciptaan Musik Etnis dengan Judul Mo'ela. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta. </identifier><relation>http://lib.isi.ac.id</relation><recordID>6310</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Video:Video
Video
author Monoarfa, Rangga Setiawan
title Musik Turunani sebagai SumberInspirasi Penciptaan Musik Etnis dengan Judul Mo'ela
publishDate 2020
topic Etnomusikologi
url http://digilib.isi.ac.id/6310/1/BAB%20I.pdf
http://digilib.isi.ac.id/6310/2/BAB%20III.pdf
http://digilib.isi.ac.id/6310/3/SKRIPSI.pdf
http://digilib.isi.ac.id/6310/4/JURNAL.pdf
http://digilib.isi.ac.id/6310/5/00486.mp4
http://digilib.isi.ac.id/6310/
http://lib.isi.ac.id
contents Komposisi Mo’ela merupakan suatu bentuk karya musik etnis yang lahir dari tradisi lisan dan pola ritme rebana masyarakat Gorontalo. Kisah hidup Nabi Ayyub AS oleh masyarakat Gorontalo diterjemahkan ke dalam pola-pola ritmis rebana yang sampai sekarang masih dipakai khususnya dalam kesenian Turunani. Kisah Nabi Ayyub AS dengan pola-pola ritme rebana tesebut kemudian ditransformasikan ke dalam sebuah karya musik etnis. Penciptaan sebuah karya komposisi musik tentu memerlukan metode sabagai landasan guna mewujudkan sebuah bentuk karya seni yang ideal. Pada kesempatan ini metode yang digunakan mengacu pada teori Alma M. Hawkins. Teori ini sering digunakan dalam komposisi karya-karya seni sebelumnya, yang menjadi kitab suci di Jurusan Seni Tari. Namun demikian teori ini bisa diaplikasikan dalam penciptaan musik etnis. Adapun teori penciptaan ini meliputi ekplorasi, improvisasi dan pembantukan atau komposisi. Penyajian komposisi Mo’ela merupakan sebuah campuran antara instrumen etnis, barat dan olahan vokal. Selain itu juga diadopsi beberapa pola atau motif tabuhan dari rebana Gorontalo yang kemudian dikembangkan dengan teknik-teknik penggarapan musik. Bentuk penyajian yang ada dalam karya komposisi musik etnis Mo’ela mengacu pada kisah hidup Nabi Ayyub AS dan pola ritme rebana Gorontalo, secara garis besar terdapat tiga bagian suasana peristiwa dalam karya.
id IOS2705.6310
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
institution_id 84
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Institut Seni Indonesia Yogyakarta
library_id 99
collection Institutional Repository Institut Seni Indonesia Yogyakarta
repository_id 2705
subject_area Arts/Seni, Kesenian
Culture and Institutions/Kultur, Ilmu Budaya, Kebudayaan dan Lembaga-lembaga, Institusi
Tata Kelola Seni
Pengkajian Seni
city KOTA YOGYAKARTA
province DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
repoId IOS2705
first_indexed 2020-08-15T18:29:00Z
last_indexed 2021-09-14T08:30:43Z
recordtype dc
_version_ 1765778034116263936
score 17.538404