Pembelajaran Vokal Klasik Secara Individu Pada Tingkat Pertama Di Virtuoso Music Course Yogyakarta
Main Author: | Barus, Ade Fria Setyawan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.isi.ac.id/6298/1/BAB%20I%20Ade%20F.pdf http://digilib.isi.ac.id/6298/2/BAB%20V%20Ade%20f.pdf http://digilib.isi.ac.id/6298/3/SKRIPSI.pdf http://digilib.isi.ac.id/6298/4/JURNAL.pdf http://digilib.isi.ac.id/6298/ http://lib.isi.ac.id |
Daftar Isi:
- Pembelajaran merupakan proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses pembelajaran vokal klasik dan tingkat kesulitan yang dialami siswa, serta mengetahui tingkat keberhasilan siswa dalam belajar vokal klasik secara individu di Virtuoso Music Course Yogyakarta. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan memahami suatu kondisi pembelajaran vokal klasik di Virtuoso Music Course Yogyakarta melalui Pengumpulan data, dengan melakukan observasi partisipatif, dokumentasi dan wawancara terhadap murid dan pengajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa murid vokal klasik mengikuti pembelajaran secara individu dengan metode dan kurikulum yang sudah lama diterapkan sejak berdirinya Virtuoso Music Course Yogyakarta. Pengajar memvariasikan kurikulum tersebut dengan keadaan murid saat mengkuti proses belajar vokal klasik secara individu. Perbedaan umur pada setiap murid mengharuskan pengajar untuk memberikan beberapa metode seperti,metode pendekatan, metode tanya jawab, metode imitative, apresiasi dan metode tanya jawab. Hasil dari setiap proses pembelajaran yang diikuti setiap murid memiliki keberhasilan yang berbeda-beda baik dalam segi penguasaan lagu maupun teknik vokal yang sudah diberikan pengajar terhadap murid. Kata Kunci : Pembelajaran, Vokal Klasik, Individu.