Pembelajaran Vokal Klasik Secara Individu Pada Tingkat Pertama Di Virtuoso Music Course Yogyakarta
Main Author: | Barus, Ade Fria Setyawan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.isi.ac.id/6298/1/BAB%20I%20Ade%20F.pdf http://digilib.isi.ac.id/6298/2/BAB%20V%20Ade%20f.pdf http://digilib.isi.ac.id/6298/3/SKRIPSI.pdf http://digilib.isi.ac.id/6298/4/JURNAL.pdf http://digilib.isi.ac.id/6298/ http://lib.isi.ac.id |
ctrlnum |
6298 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.isi.ac.id/6298/</relation><title>Pembelajaran Vokal Klasik Secara Individu Pada Tingkat Pertama Di Virtuoso Music Course Yogyakarta</title><creator>Barus, Ade Fria Setyawan</creator><subject>Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)</subject><description>Pembelajaran merupakan proses interaksi peserta didik
dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar,
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses
pembelajaran vokal klasik dan tingkat kesulitan yang dialami siswa,
serta mengetahui tingkat keberhasilan siswa dalam belajar vokal klasik
secara individu di Virtuoso Music Course Yogyakarta. Adapun metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan
memahami suatu kondisi pembelajaran vokal klasik di Virtuoso Music
Course Yogyakarta melalui Pengumpulan data, dengan melakukan
observasi partisipatif, dokumentasi dan wawancara terhadap murid
dan pengajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa murid vokal
klasik mengikuti pembelajaran secara individu dengan metode dan
kurikulum yang sudah lama diterapkan sejak berdirinya Virtuoso Music
Course Yogyakarta. Pengajar memvariasikan kurikulum tersebut
dengan keadaan murid saat mengkuti proses belajar vokal klasik secara
individu. Perbedaan umur pada setiap murid mengharuskan pengajar
untuk memberikan beberapa metode seperti,metode pendekatan,
metode tanya jawab, metode imitative, apresiasi dan metode tanya
jawab. Hasil dari setiap proses pembelajaran yang diikuti setiap murid
memiliki keberhasilan yang berbeda-beda baik dalam segi penguasaan
lagu maupun teknik vokal yang sudah diberikan pengajar terhadap
murid.
Kata Kunci : Pembelajaran, Vokal Klasik, Individu.</description><date>2019-07-09</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/6298/1/BAB%20I%20Ade%20F.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/6298/2/BAB%20V%20Ade%20f.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/6298/3/SKRIPSI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/6298/4/JURNAL.pdf</identifier><identifier> Barus, Ade Fria Setyawan (2019) Pembelajaran Vokal Klasik Secara Individu Pada Tingkat Pertama Di Virtuoso Music Course Yogyakarta. Skripsi thesis, ISI Yogyakarta. </identifier><relation>http://lib.isi.ac.id</relation><recordID>6298</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Barus, Ade Fria Setyawan |
title |
Pembelajaran Vokal Klasik Secara Individu Pada Tingkat Pertama Di Virtuoso Music Course Yogyakarta |
publishDate |
2019 |
topic |
Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik) |
url |
http://digilib.isi.ac.id/6298/1/BAB%20I%20Ade%20F.pdf http://digilib.isi.ac.id/6298/2/BAB%20V%20Ade%20f.pdf http://digilib.isi.ac.id/6298/3/SKRIPSI.pdf http://digilib.isi.ac.id/6298/4/JURNAL.pdf http://digilib.isi.ac.id/6298/ http://lib.isi.ac.id |
contents |
Pembelajaran merupakan proses interaksi peserta didik
dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar,
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses
pembelajaran vokal klasik dan tingkat kesulitan yang dialami siswa,
serta mengetahui tingkat keberhasilan siswa dalam belajar vokal klasik
secara individu di Virtuoso Music Course Yogyakarta. Adapun metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan
memahami suatu kondisi pembelajaran vokal klasik di Virtuoso Music
Course Yogyakarta melalui Pengumpulan data, dengan melakukan
observasi partisipatif, dokumentasi dan wawancara terhadap murid
dan pengajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa murid vokal
klasik mengikuti pembelajaran secara individu dengan metode dan
kurikulum yang sudah lama diterapkan sejak berdirinya Virtuoso Music
Course Yogyakarta. Pengajar memvariasikan kurikulum tersebut
dengan keadaan murid saat mengkuti proses belajar vokal klasik secara
individu. Perbedaan umur pada setiap murid mengharuskan pengajar
untuk memberikan beberapa metode seperti,metode pendekatan,
metode tanya jawab, metode imitative, apresiasi dan metode tanya
jawab. Hasil dari setiap proses pembelajaran yang diikuti setiap murid
memiliki keberhasilan yang berbeda-beda baik dalam segi penguasaan
lagu maupun teknik vokal yang sudah diberikan pengajar terhadap
murid.
Kata Kunci : Pembelajaran, Vokal Klasik, Individu. |
id |
IOS2705.6298 |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
institution_id |
84 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
library_id |
99 |
collection |
Institutional Repository Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
repository_id |
2705 |
subject_area |
Arts/Seni, Kesenian Culture and Institutions/Kultur, Ilmu Budaya, Kebudayaan dan Lembaga-lembaga, Institusi Tata Kelola Seni Pengkajian Seni |
city |
KOTA YOGYAKARTA |
province |
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA |
repoId |
IOS2705 |
first_indexed |
2020-07-31T18:10:02Z |
last_indexed |
2021-09-14T08:30:43Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765778034072223744 |
score |
17.538404 |