Pembelajaran Vokal Klasik Secara Individu Pada Tingkat Pertama Di Virtuoso Music Course Yogyakarta

Main Author: Barus, Ade Fria Setyawan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.isi.ac.id/6298/1/BAB%20I%20Ade%20F.pdf
http://digilib.isi.ac.id/6298/2/BAB%20V%20Ade%20f.pdf
http://digilib.isi.ac.id/6298/3/SKRIPSI.pdf
http://digilib.isi.ac.id/6298/4/JURNAL.pdf
http://digilib.isi.ac.id/6298/
http://lib.isi.ac.id
ctrlnum 6298
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.isi.ac.id/6298/</relation><title>Pembelajaran Vokal Klasik Secara Individu Pada Tingkat Pertama Di Virtuoso Music Course Yogyakarta</title><creator>Barus, Ade Fria Setyawan</creator><subject>Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)</subject><description>Pembelajaran merupakan proses interaksi peserta didik&#xD; dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar,&#xD; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses&#xD; pembelajaran vokal klasik dan tingkat kesulitan yang dialami siswa,&#xD; serta mengetahui tingkat keberhasilan siswa dalam belajar vokal klasik&#xD; secara individu di Virtuoso Music Course Yogyakarta. Adapun metode&#xD; yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan&#xD; memahami suatu kondisi pembelajaran vokal klasik di Virtuoso Music&#xD; Course Yogyakarta melalui Pengumpulan data, dengan melakukan&#xD; observasi partisipatif, dokumentasi dan wawancara terhadap murid&#xD; dan pengajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa murid vokal&#xD; klasik mengikuti pembelajaran secara individu dengan metode dan&#xD; kurikulum yang sudah lama diterapkan sejak berdirinya Virtuoso Music&#xD; Course Yogyakarta. Pengajar memvariasikan kurikulum tersebut&#xD; dengan keadaan murid saat mengkuti proses belajar vokal klasik secara&#xD; individu. Perbedaan umur pada setiap murid mengharuskan pengajar&#xD; untuk memberikan beberapa metode seperti,metode pendekatan,&#xD; metode tanya jawab, metode imitative, apresiasi dan metode tanya&#xD; jawab. Hasil dari setiap proses pembelajaran yang diikuti setiap murid&#xD; memiliki keberhasilan yang berbeda-beda baik dalam segi penguasaan&#xD; lagu maupun teknik vokal yang sudah diberikan pengajar terhadap&#xD; murid.&#xD; Kata Kunci : Pembelajaran, Vokal Klasik, Individu.</description><date>2019-07-09</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/6298/1/BAB%20I%20Ade%20F.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/6298/2/BAB%20V%20Ade%20f.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/6298/3/SKRIPSI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.isi.ac.id/6298/4/JURNAL.pdf</identifier><identifier> Barus, Ade Fria Setyawan (2019) Pembelajaran Vokal Klasik Secara Individu Pada Tingkat Pertama Di Virtuoso Music Course Yogyakarta. Skripsi thesis, ISI Yogyakarta. </identifier><relation>http://lib.isi.ac.id</relation><recordID>6298</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Barus, Ade Fria Setyawan
title Pembelajaran Vokal Klasik Secara Individu Pada Tingkat Pertama Di Virtuoso Music Course Yogyakarta
publishDate 2019
topic Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
url http://digilib.isi.ac.id/6298/1/BAB%20I%20Ade%20F.pdf
http://digilib.isi.ac.id/6298/2/BAB%20V%20Ade%20f.pdf
http://digilib.isi.ac.id/6298/3/SKRIPSI.pdf
http://digilib.isi.ac.id/6298/4/JURNAL.pdf
http://digilib.isi.ac.id/6298/
http://lib.isi.ac.id
contents Pembelajaran merupakan proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses pembelajaran vokal klasik dan tingkat kesulitan yang dialami siswa, serta mengetahui tingkat keberhasilan siswa dalam belajar vokal klasik secara individu di Virtuoso Music Course Yogyakarta. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan memahami suatu kondisi pembelajaran vokal klasik di Virtuoso Music Course Yogyakarta melalui Pengumpulan data, dengan melakukan observasi partisipatif, dokumentasi dan wawancara terhadap murid dan pengajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa murid vokal klasik mengikuti pembelajaran secara individu dengan metode dan kurikulum yang sudah lama diterapkan sejak berdirinya Virtuoso Music Course Yogyakarta. Pengajar memvariasikan kurikulum tersebut dengan keadaan murid saat mengkuti proses belajar vokal klasik secara individu. Perbedaan umur pada setiap murid mengharuskan pengajar untuk memberikan beberapa metode seperti,metode pendekatan, metode tanya jawab, metode imitative, apresiasi dan metode tanya jawab. Hasil dari setiap proses pembelajaran yang diikuti setiap murid memiliki keberhasilan yang berbeda-beda baik dalam segi penguasaan lagu maupun teknik vokal yang sudah diberikan pengajar terhadap murid. Kata Kunci : Pembelajaran, Vokal Klasik, Individu.
id IOS2705.6298
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
institution_id 84
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Institut Seni Indonesia Yogyakarta
library_id 99
collection Institutional Repository Institut Seni Indonesia Yogyakarta
repository_id 2705
subject_area Arts/Seni, Kesenian
Culture and Institutions/Kultur, Ilmu Budaya, Kebudayaan dan Lembaga-lembaga, Institusi
Tata Kelola Seni
Pengkajian Seni
city KOTA YOGYAKARTA
province DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
repoId IOS2705
first_indexed 2020-07-31T18:10:02Z
last_indexed 2021-09-14T08:30:43Z
recordtype dc
_version_ 1765778034072223744
score 17.538404