Proses Pembelajaran Matakuliah Ensambel pada Program Diploma dan Sarjana di Perguruan Tinggi Seni Indonesia
Main Author: | Indrawan, Andre |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.isi.ac.id/5216/1/ANDRE-Artikel%20Seminar%20Nasional%20FKI-2014.pdf http://digilib.isi.ac.id/5216/ http://lib.isi.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Laporan awal penelitian tentang proses belajar-mengajar ensambel gitar yang dipraktikkan di program studi Sarjana Seni Musik di Jurusan Musik FSP ISI Yogyakarta ini didasarkan atas penelitian lapangan di tiga perguruan tinggi seni di Indonesia, yaitu ISI Denpasar, IKJ, dan AKMR. Pendekatan studi yang digunakan dalam penelitian lapangan ini ialah metode komparatif yang membandingkan beberapa aspek seperti praktik kelas mata kuliah ensambel gitar beikut materi ajar dan model pembelajarannya. Berdasarkan penelitian ini disimpulkan bahwa perkuliahan ensambel gitar pada ketiga institusi dilakukan dengan strategi pembelajaran yang berbeda didasarkan atas kapasitas kelas yang umumnya diikuti oleh jumlah mahasiswa yang sedikit. Sehubungan dengan itu tidak satupun dari ketiga kelas tersebut yang menerapkan reopertoar konserto melainkan formasi musik kamar seperti duet, trio hingga kwartet ganda. Walaupun tuntutan level repertoar umumnya rendah namun hasil pelatihan selalu ditampilkan secara terbuka di hadapan audiens menjelang ujian semester.