ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI KASUS PADA PERUMAHAN PURI MEDITERANIA SEMARANG)

Main Authors: Mulyono, Bayu Hadyanto, Yoestini, Yoestini, Nugraheni, Rini, Kamal, Mustofa
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Faculty of Economics and Business Diponegoro University , 2012
Online Access: http://ejournal.undip.ac.id/index.php/smo/article/view/4253
http://ejournal.undip.ac.id/index.php/smo/article/view/4253/3875
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSI Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini dilakukan di kompleks Perumahan Puri Mediterania Semarang, responden yang digunakan sebanyak 50 penghuni rumah Puri Mediterania dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan kualitas layanan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Pengaruh dari kualitas produk terhadap kepuasan konsumen sebesar 0,548, sedangkan pengaruh dari kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen sebesar 0,381. Kualitas produk adalah variabel paling penting dalam mempengaruhi kepuasan konsumen daripada kualitas layanan. Kata kunci : kualitas produk; kualitas layanan; dan kepuasan konsumen.