Daftar Isi:
  • Pembelian kompulsif merupakan suatu fenomena yang banyak melanda kehidupan masyarakat terutama yang tinggal di perkotaan. Pembelian kompulsif memiliki konsekuensi jangka pendek dan jangka panjang. Konsekuensi jangka pendek bentuknya dapat bersifat positif seperti pengurangan stres dan ketegangan. Konsekuensi jangka panjang, merupakan hal yang merugikan dalam bidang ekonomi dan psikologis seperti tingginya tunggakan kartu kredit, beban hutang pribadi yang berlebihan, rendahnya tabungan, terjerat kasus hukum, munculnya perasaan rendah diri, rasa bersalah, depresi, cemas, frustasi serta munculnya konflik interpersonal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh consumer Anxiety, escapism, dan gratification shopping yang menyebabkan compulsive buying pada Toko Buku Gramedia di Tunjungan Plaza. Sampel yang digunakan sebanyak 150 responden. Memakai teknik sampling yaitu purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis SEM dengan bantuan program LISREL 8.70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara consumer anxiety terhadap compulsive buying, consumer anxiety terhadap escapism, escapism terhadap compulsive buying, dan gratification shopping terhadap compulsive buying.