Daftar Isi:
  • Pannacotta merupakan dessert dari Italia yang berwujud semi-solid dengan tekstur yang lembut, rasa yang creamy, dan mudah meleleh saat di dalam mulut. Pannacotta memiliki karakter yang menyerupai puding dengan sifat gel yang lebih lembut namun tetap kokoh dan konsisten dalam mempertahankan bentuknya. Usaha pannacotta menjadi salah satu usaha dessert yang kian laris pada akhir-akhir ini. Kehadiran pannacotta mendapat respon yang sangat positif dari berbagai kalangan masyarakat yang ditunjukkan dengan tingginya tingkat permintaan akan produk ini. Pannacotta yang diproduksi berlabel “Delicato” Pannacotta. “Delicato” Pannacotta adalah produk dessert yang memiliki tiga varian rasa, yaitu coklat, ceppucino, dan green tea yang dikemas dalam cup berbentuk piala berbahan plastik mika dan diberi label berwarna merah muda. Produksi “Delicato” Pannacotta dilakukan di Jalan Semolowaru Tengah V no 7 dengan total luas bangunan 180 m2. Model tata letak proses produksi menggunakan model tata letak product layout serta dirancang dengan kapasitas produksi 150 cup per hari yang dikerjakan selama 24 hari per bulan dengan 7 jam kerja per hari. Bentuk badan usaha dari “Delicato” Pannacotta adalah badan usaha perorangan dengan proses produksi dilakukan dalam skala rumah tangga. Seluruh tahapan produksi dan distribusi dilakukan oleh pemilik usaha, meliputi penimbangan bahan baku dan pembantu, proses pemanasan, pencetakan, pendinginan, dan pengemasan. Metode pemasaran dilakukan dengan cara promosi langsung, via media sosial, dan penitipan pada kafe di Surabaya. Evaluasi kelayakan usaha, “Delicato” Pannacotta memiliki nilai ROR 42,22%, POT 27,89 bulan, BEP 50,60%, dan berprospek memiliki angka penjualan yang tinggi sehingga layak untuk dikembangkan lebih lanjut.