Penerapan corporate social responsibility dalam meningkatkan keunggulan bersaing pada industri ritel
Main Author: | Horianto, Indra |
---|---|
Format: | Monograph NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Faculty of Business : Management Undergraduate Study Program
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.wima.ac.id/12952/1/Abstrak.pdf http://repository.wima.ac.id/12952/2/Bab%201.pdf http://repository.wima.ac.id/12952/3/BAb%202.pdf http://repository.wima.ac.id/12952/4/BAb%203.pdf http://repository.wima.ac.id/12952/5/Bab%204.pdf http://repository.wima.ac.id/12952/ |
Daftar Isi:
- Tingkat persaingan peritel semakin ketat karena variasi produk yang dijual antar peritel relatif sama mengingat orientasi peritel adalah menjual barang kepada konsumen akhir. Untuk meningkatkan keunggulan bersaing, maka diperlukan sumber keunggulan bersaing yang lain, seperti kepedulian peritel terhadap lingkungan dengan menerapkan program CSR. Melalui program CSR memberikan kesan bahwa peritel juga memiliki tanggung jawab terhadap lingkungan termasuk terhadap konsumen. Tujuan pembahasan dalam karya ilmiah ini adalah untuk mengetahui penerapan Corporate Social Responbility dalam industri ritel dan untuk mengetahui penerapan Corporate Social Responbility dalam meningkatkan keunggulan bersaing pada industri ritel. Pada hasil pembahasan didalam makalah ini mendapatkan sejumlah temuan bahwa peritel yang menerapkan CSR memiliki keunggulan bersaing yang disebabkan karena penerapan CSR tersebut. Sumber keunggulan bersaing yang disebabkan karena penerapan CSR diantaranya adalah: reputasi yang positif, kepercayaan konsumen yang semakin meningkat, persepsi etika ritel yang tinggi, dan mampu menciptakan persepsi price fairness yang tinggi. Berbagai keunggulan bersaing yang disebabkan oleh penerapan CSR tersebut bisa menjadi daya tarik bagi konsumen sehingga tetap memilih mengunjungi peritel bersangkutan dibandingkan dengan peritel lainnya