Daftar Isi:
  • Kemajuan teknologi komunikasi yang semakin berkembang pesat membuat konsumen sering berpindah merek handphone. Perpindahan merk handphone tersebut dengan alasan mencari handphone yang memiliki fitur dan aplikasi canggih sesuai dengan perkembangan trend. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut produk, harga, dan keterlibatan konsumen terhadap perpindahan merek Blackberry ke Samsung. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mahasiswa yang menggunakan Blackberry berpindah ke merk Samsung di kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode regresi linier berganda. Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel atribut produk, harga, dan keterlibatan konsumen berpengaruh signifikan dan positif terhadap perpindahan merek. Berdasarkan nilai koefisien determinasi parsial variabel atribut produk menjadi variabel yang berpengaruh dominan terhadap perpindahan merek. Hal ini menunjukkan semakin baik atribut produk Samsung, maka akan semakin meningkatkan pengaruh perpindahan merek dari Blackberry ke Samsung