PENGARUH PERSEPSI TENTANG PROCEDURAL, FINANCIAL, DAN RELATIONAL SWITCHING COSTS TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN BRAND OPERATOR SELULER GSM PRA BAYAR
Daftar Isi:
- Loyalitas pelanggan merupakan suatu hal penting yang harus didapatkan oleh penyedia jasa, karena loyalitas pelanggan dapat memberikan manfaat yang besar bagi penyedia jasa. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mendapatkan loyalitas pelanggan adalah melalui persepsi pelanggan atas switching costs Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi pelanggan tentang switching costs terhadap loyalitas pelanggan operator seluler GSM pra bayar di Surabaya. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah persepsi pelanggan atas switching costs (X) yang terdiri dari procedural switching cost CX1), financial switching cost (X2), dan relational switching cost (X3) dan loyalitas pelanggan operator seluler GSM pra bayar di Surabaya (Y). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari 100 orang responden. Reponden merupakan pelanggan operator seluler GSM pra bayar di Surabaya yang berstatus sebagai mahasiswa S1 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling, dengan metode accidental sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah Multiple Regression Analysis yang diolah menggunakan program SPSS. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah : Y = 1,353 + 0,238Xl + 0,189X2 + 0,213X3 Hasil yang diperoleh dalam penelitian adalah persepsi pelanggan atas switching costs, yang terdiri atas procedural, financial, dan relational switching cost berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan operator seluler GSM pra bayar di Surabaya, baik secara simultan maupun parsial. Dimana variabel procedural switching cost memiliki pengaruh yang terbesar, dan variabelfinancial switching cost memiliki pengaruh yang paling kecil.