ANALISIS PENGARUH EKUITAS MEREK BERBASIS PELANGGAN TERHADAP MINAT BELI PRODUK SEPEDA MOTOR MATIC (Studi Kasus pada Mahasiswa Unika Soegijapranata Pengguna Sepeda Motor Matic)
Daftar Isi:
- Dalam lingkungan bisnis yang semakin kompetitif, konsep ekuitas merek sangat penting bagi pemasar. Berdasarkan ekuitas merek, pemasar dapat melihat dan mengetahui seberapa besar tingkat minat beli konsumen terhadap produk dan jasa yang saat ini dipasarkan. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah meneliti konsep dari Keller dengan model piramida untuk menguji tingkat ekuitas merek yang dilihat dari sisi pelanggan dengan enam variabel yaitu brand salience (keutamaan merek), brand performance (kinerja merek), brand imagery (citra merek), brand judgement (penilaian merek) , brand feelings (perasaan merek), dan brand resonance (resonansi merek) yang berpengaruh terhadap minat beli pengguna sepeda motor matic. Responden diambil dari 100 orang mahasiswa Unika Soegijapranata pengguna sepeda motor matic. Kesimpulan atau hasil penelitian ini adalah variabel keutamaan merek, variabel kinerja merek, variabel citra merek, variabel perasaan merek tidak berpengaruh terhadap minat beli produk sepeda motor matic, sedangkan variabel penilaian merek dan variabel resonansi merek berpengaruh terhadap minat beli produk sepeda motor matic dan dari hasil keseluruhan terdapat pengaruh ekuitas merek berbasis pelanggan terhadap minat beli produk sepeda motor matic.