HUBUNGAN KEPUASAN DAN KEPERCAYAAN NASABAH TERHADAP ORGANISASI DENGAN LOYALITAS NASABAH KREDIT PT. BPR RESTU ARTHA MAKMUR SEMARANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empirik hubungan antara kepuasan nasabah dan kepercayaan nasabah pada organisasi dengan loyalitas nasabah kredit PT. BPR Restu Artha Makmur Semarang. Hipotesis mayor yang diajukan adalah ada hubungan antara kepuasan nasabah dan kepercayaan nasabah pada organisasi dengan loyalitas nasabah kredit PT. BPR Restu Artha Makmur Semarang.Hipotesis minor yang pertama adalah ada hubungan positif antara kepuasan nasabah dengan loyalitas nasabah. Sedangkan hipotesis minor yang kedua adalah, ada hubungan positif antara kepercayaan nasabah terhadap organisasi dengan loyalitas nasabah.Subyek penelitian berjumlah 70 orang nasabah kredit. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan alat ukur skala loyalitas pelanggan, skala kepuasan pelanggan, dan skala kepercayaan pelanggan terhadap organisasi.Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan Teknik Analisis Regresi. Berdasarkan hasil analisis diperoleh R= 0,694denganF = 31,044 (p<0,01) yang menunjukan ada hubungan yang sangat signifikan antara kepuasan nasabah dan kepercayaan nasabah pada organisasi dengan loyalitas nasabah kredit PT. BPR Restu Artha Makmur Semarang. Hipotesis minor dianalisis menggunakan Teknik Korelasi Product Moment. Hipotesis minor yang pertama diterima dengan rx1y = 0,693 dengan p sebesar 0,000 (p<0,01), yang berarti ada hubungan yang signifikan antara kepuasan nasabah dengan loyalitas nasabah. Sedangkan hipotesis minor yang kedua diterima dengan rx2y = 0,517 dengan p sebesar 0,001 (p<0,01), yang berarti ada hubungan yang signifikan antara kepercayaan nasabah terhadap organisasi dengan loyalitas nasabah