Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meneliti serta mempelajari tentang penggunaan brand ambassador oleh tokopedia yang bertujuan untuk menarik perhatian pelanggan dan apakah brand image yang dihasilkan akan memiliki pengaruh terhadap pelanggan dan apakah nantinya hal ini akan berpengaruh terhadap keputusan pembelian dan pemilihan produk atau merek. Diharapkan dapat membantu mempermudah menilai kembali bahwa seseorang akan melakukan pengambilan keputusan pembelian terhadap suatu produk atau merek berdasarkan pengaruh brand ambassador dan brand image. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan dari penyebaran kuesioner melalui sosial media seperti Instagram, Whatsapp. Sampel pada penelitian ini adalah 100 responden mahasiswa UNIKA Soegijapranata Semarang terdiri dari 10 fakultas yaitu Arsitektur & desain, Bahasa & seni, Ekonomi & bisnis, Hukum & komunikasi, Ilmu & teknologi lingkungan, Ilmu komputer, Kedokteran, Psikologi, Teknik, dan Teknologi Pertanian. Pada hasil penelitian ini yang mana Brand ambassador tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada toko online, Brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada toko online, dan variabel brand image memiliki pengaruh dominan terhadap variabel keputusan pembelian. Brand ambassador dan brand image berpengaruh secara simultan atau bersama-sama terhadap keputusan pembelian pada toko online.