Daftar Isi:
  • Pertumbuhan dan perkembangan akuntansi di Indonesia telah mengalami perubahan yang signifikan. Kantor Akuntan Publik (KAP) sebagai sebuah perusahaan professional, nampaknya juga sudah semakin memasuki pada keharusan untuk memiliki keunggulan kompetitif (competitive advantage) agar dapat memenangkan persaingan. Salah satu sumberdaya yang penting didalam organisasi adalah manusia atau karyawan. Kantor Akuntan Publik memiliki auditor sebagai karyawannya. Salah satu masalah besar dalam perusahaan akuntan publik adalah keinginan auditor untuk pindah, dan dampaknya terhadap kualitas perusahaan akuntan publik Konflik peran merupakan gejala psikologis yang dialami oleh anggota organisasi yang bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dalam bekerja dan secara potensial bisa menurunkan motivasi kerja. Ketidakjelasan peran terjadi akibat job description yang tidak ditulis atau dijelaskan dengan rinci serta tidak adanya standar kerja yang jelas, sehingga ukuran kinerja yang ideal dipersepsikan secara kabur oleh karyawan. Ambiguitas peran dan konflik peran mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keinginan karyawan untuk berpindah, tetapi komitmen organisasi tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap keinginan karyawan untuk berpindah