PENGARUH ATRIBUT PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (STUDI PADA PELANGGAN INDIHOME PT. TELKOM AKSES, SEMARANG)
Daftar Isi:
- Masalah yang terjadi adalah banyaknya keluhan pelanggan IndiHome kota Semarang yang menunjukkan ketidak puasan pelanggan terhadap produk dan jasa IndiHome PT. Telkom. Berdasarkan data prasurvey, diduga ketidak puasan ini dipengaruhi oleh atribut produk yang kurang sesuai dengan yang dijanjikan dan kualitas pelayanan yang dipandang kurang baik oleh pelanggan dan hal ini juga didukung oleh hasil penelitian sebelumnya. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh atribut produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan IndiHome. Teknik analisis yang akan digunakan adalah metode analisis regresi berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan IndiHome PT. Telkom Akses, Semarang. Sedangkan penentuan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu pemilihan sampel berjumlah 100 orang responden yaitu Pelanggan IndiHome PT. Telkom Akses, Semarang yang masih aktif berlangganan di daerah Pleburan, Semarang dan telah menggunakan IndiHome selama lebih dari 6 bulan. Berdasarkan hasil penelitian, secara parsial atribut produk dan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan IndiHome. Atribut produk dan kualitas pelayanan secara bersama-sama mempengaruhi kepuasan pelanggan IndiHome. Kata Kunci : atribut produk, kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan