Pengaruh Orientasi Pada Kepuasan Pelanggan, Biaya, Infrastruktur, Serta Kesadaran dan Pengetahuan Terhadap Kesuksesan E-Commerce di Usaha Kecil Mikro Semarang
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh orientasi pada kepuasan pelanggan, biaya, infrastruktur serta kesadaran dan pengetahuan terhadap kesuksesan e-commerce di usaha mikro kecil Semarang. Sampel penelitian adalah pelaksana usaha mikro dan kecil (UMK) di Semarang dari website http//diskopumkm.semarangkota.go.id./ yang telah menggunakan e-commerce dalam usahanya minimal setahun. E-commerce yang dimaksud seperti tokopedia, bukalapak, olx, shopee, blibli atau website pribadi. Teknik analisis data adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian adalah (1) Terdapat pengaruh positif yang signifikan orientasi pada kepuasan pelanggan terhadap kesuksesan e-commerce. (2) Terdapat pengaruh negatif yang signifikan biaya terhadap kesuksesan e- commerce. (3) Terdapat pengaruh positif yang signifikan infrastruktur terhadap kesuksesan e- commerce. (4) Terdapat pengaruh positif yang signifikan kesadaran dan pengetahuan terhadap kesuksesan e- commerce. Terdapat pengaruh negatif yang signifikan biaya terhadap kesuksesan e-commerce disebabkan dalam penelitian ini populasinya adalah seluruh usaha mikro dan kecil (UMK) di Semarang yang modalnya masih terbatas. Sehingga semakin tinggi biaya infrastruktur internet, semakin tinggi biaya di dalam dan luar organisasi dan biaya dukunganmenjadikan UMK belum tentu memiliki ketersediaan dana yang cukup dan berakibat pada melemahnya kesuksesan e-commerce.