ANALISIS BRAND GAMBAR ALAT TRANSPORTASI PADA KEMASAN PRODUK MAKANAN WINGKO BABAD KOTA SEMARANG
Main Authors: | ARDHIANTO, PETER, MICHELLE, MICHELLE |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
STSRD VISI
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unika.ac.id/15126/1/Peter%20Ardhianto_Michelle_Naskah%20Jurnal.pdf http://repository.unika.ac.id/15126/ http://stsrdvisi.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Wingko adalah makanan yang berasal dari Kota Babad, Jawa Timur. Diperkenalkan di Kota Semarang oleh Ny. Mulyono pemiliki dari wingko babad “Cap Kereta Api”. Produk wingko babad “Cap Kereta Api” itulah yang mempelopori masyarakat Semarang lainnya untuk memproduksi wingko dan menjadikannya makanan oleh-oleh khas Kota Semarang. Tujuan menganalisa gambar dagang wingko babad ini adalah untuk mengetahui citra apa yang ingin disampaikan oleh pemilik produk wingko babad. Dengan mengambil 3 contoh produk wingko babad, yaitu wingko babad cap Kereta Api, wingko babad cap Stoom Mini dan wingko babad cap Kapal Laut diharapkan dapat menemukan nilai brand dibalik ikon alat transportasi yang digunakan. Metode Kualitatif deskriptif yang melalui observasi, studi literatur, interenet, dan wawancara pemilik digunakan untuk menggali data. Analisis brand dilakukan dengan pendekatan teori brand image, brand equity, dan brand loyalty. Gambar ilustrasi alat transportasi pada hampir semua produk wingko babad tidak hanya sekedar meniru dari sang pelopor, namun secara tidak langsung menimbulkan citra dari makanan wingko itu sendiri, dengan gambar ilustrasi alat transportasi, membuat produk wingko babad dapat lebih mudah dikenal dan diingat dimana wingko babad tersebut dijual. Kata Kunci : Brand, Wingko Babad, Ikon, Kemasan