ANALISIS BRAND GAMBAR ALAT TRANSPORTASI PADA KEMASAN PRODUK MAKANAN WINGKO BABAD KOTA SEMARANG

Main Authors: ARDHIANTO, PETER, MICHELLE, MICHELLE
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: STSRD VISI , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unika.ac.id/15126/1/Peter%20Ardhianto_Michelle_Naskah%20Jurnal.pdf
http://repository.unika.ac.id/15126/
http://stsrdvisi.ac.id/
ctrlnum 15126
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unika.ac.id/15126/</relation><title>ANALISIS BRAND GAMBAR ALAT TRANSPORTASI PADA KEMASAN PRODUK MAKANAN WINGKO BABAD KOTA SEMARANG</title><creator>ARDHIANTO, PETER</creator><creator>MICHELLE, MICHELLE</creator><subject>760 Graphic arts</subject><description>Wingko adalah makanan yang berasal dari Kota Babad, Jawa Timur. Diperkenalkan di Kota Semarang oleh Ny. Mulyono pemiliki dari wingko babad &#x201C;Cap Kereta Api&#x201D;. Produk wingko babad &#x201C;Cap Kereta Api&#x201D; itulah yang mempelopori masyarakat Semarang lainnya untuk memproduksi wingko dan menjadikannya makanan oleh-oleh khas Kota Semarang. Tujuan menganalisa gambar dagang wingko babad ini adalah untuk mengetahui citra apa yang ingin disampaikan oleh pemilik produk wingko babad. Dengan mengambil 3 contoh produk wingko babad, yaitu wingko babad cap Kereta Api, wingko babad cap Stoom Mini dan wingko babad cap Kapal Laut diharapkan dapat menemukan nilai brand dibalik ikon alat transportasi yang digunakan. Metode Kualitatif deskriptif yang melalui observasi, studi literatur, interenet, dan wawancara pemilik digunakan untuk menggali data. Analisis brand dilakukan dengan pendekatan teori brand image, brand equity, dan brand loyalty. Gambar ilustrasi alat transportasi pada hampir semua produk wingko babad tidak hanya sekedar meniru dari sang pelopor, namun secara tidak langsung menimbulkan citra dari makanan wingko itu sendiri, dengan gambar ilustrasi alat transportasi, membuat produk wingko babad dapat lebih mudah dikenal dan diingat dimana wingko babad tersebut dijual.&#xD; Kata Kunci : Brand, Wingko Babad, Ikon, Kemasan</description><publisher>STSRD VISI</publisher><date>2016-07</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/15126/1/Peter%20Ardhianto_Michelle_Naskah%20Jurnal.pdf</identifier><identifier> ARDHIANTO, PETER and MICHELLE, MICHELLE (2016) ANALISIS BRAND GAMBAR ALAT TRANSPORTASI PADA KEMASAN PRODUK MAKANAN WINGKO BABAD KOTA SEMARANG. KREATIF "Jurnal Desain Komunikasi Visual STSRD VISI Yogyakarta", IV (1). pp. 91-106. ISSN 2086-8103 </identifier><relation>http://stsrdvisi.ac.id/</relation><recordID>15126</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author ARDHIANTO, PETER
MICHELLE, MICHELLE
title ANALISIS BRAND GAMBAR ALAT TRANSPORTASI PADA KEMASAN PRODUK MAKANAN WINGKO BABAD KOTA SEMARANG
publisher STSRD VISI
publishDate 2016
topic 760 Graphic arts
url http://repository.unika.ac.id/15126/1/Peter%20Ardhianto_Michelle_Naskah%20Jurnal.pdf
http://repository.unika.ac.id/15126/
http://stsrdvisi.ac.id/
contents Wingko adalah makanan yang berasal dari Kota Babad, Jawa Timur. Diperkenalkan di Kota Semarang oleh Ny. Mulyono pemiliki dari wingko babad “Cap Kereta Api”. Produk wingko babad “Cap Kereta Api” itulah yang mempelopori masyarakat Semarang lainnya untuk memproduksi wingko dan menjadikannya makanan oleh-oleh khas Kota Semarang. Tujuan menganalisa gambar dagang wingko babad ini adalah untuk mengetahui citra apa yang ingin disampaikan oleh pemilik produk wingko babad. Dengan mengambil 3 contoh produk wingko babad, yaitu wingko babad cap Kereta Api, wingko babad cap Stoom Mini dan wingko babad cap Kapal Laut diharapkan dapat menemukan nilai brand dibalik ikon alat transportasi yang digunakan. Metode Kualitatif deskriptif yang melalui observasi, studi literatur, interenet, dan wawancara pemilik digunakan untuk menggali data. Analisis brand dilakukan dengan pendekatan teori brand image, brand equity, dan brand loyalty. Gambar ilustrasi alat transportasi pada hampir semua produk wingko babad tidak hanya sekedar meniru dari sang pelopor, namun secara tidak langsung menimbulkan citra dari makanan wingko itu sendiri, dengan gambar ilustrasi alat transportasi, membuat produk wingko babad dapat lebih mudah dikenal dan diingat dimana wingko babad tersebut dijual. Kata Kunci : Brand, Wingko Babad, Ikon, Kemasan
id IOS2679.15126
institution Universitas Katolik Soegijapranata
institution_id 334
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Katolik Soegijapranata
library_id 522
collection Unika Repository
repository_id 2679
subject_area Akuntansi
Arsitektur
Ekonomi
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2679
first_indexed 2017-11-30T21:40:39Z
last_indexed 2017-11-30T21:40:39Z
recordtype dc
_version_ 1765771835584020480
score 17.538404