ctrlnum 14098
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unika.ac.id/14098/</relation><title>PENGARUH INTERAKSI ANTARA TOTAL QUALITY MANAGEMENT DENGAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA DAN SISTEM PENGHARGAAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL&#xD; (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Berskala Besar Di Semarang)</title><creator>Christinawati, Dian</creator><subject>Accounting Management</subject><description>Total Quality Management (TQM) merupakan suatu teknik yang sering digunakan&#xD; oleh perusahaan manufaktur untuk meningkatkan kinerjanya. Meskipun ada&#xD; beberapa perusahaan yang telah menerapkan teknik tersebut, ternyata ada yang&#xD; berhasil meningkatkan kinerjanya, tetapi ada juga yang tidak mampu&#xD; meningkatkan kinerjanya. Namun demikian, masih sedikit sekali penelitian yang&#xD; menguji alasan/faktor-faktor penyebab keefektifan penerapan teknik Total Quality&#xD; Management (TQM). Beberapa peneliti bidang akuntansi menyatakan bahwa&#xD; kinerja perusahaan yang rendah, disebabkan oleh ketergantungannya terhadap&#xD; sistem akuntansi manajemen perusahaan tersebut yang gagal dalam penentuan&#xD; sasaran-sasaran yang tepat, pengukuran-pengukuran kinerja dan sistem&#xD; penghargaan atau reward system. Penelitian ini memfokuskan pada Total Quality&#xD; Management (TQM), dan komponen sistem akuntansi yang meliputi: sistem&#xD; pengukuran kinerja dan kinerja karyawan yang didasarkan pada penghargaan.&#xD; Penelitian ini menggunakan insentif individual. Penghargaan yang diberikan&#xD; berupa insentif yang diberikan secara individual vs kelompok. Sedangkan kinerja&#xD; yang diukur adalah kinerja manajerial atau seluruh tingkatan manajemen. Oleh&#xD; karena itu, responden yang digunakan adalah manajer-manajer dari seluruh&#xD; level/tingkatan manajemen.&#xD; Penelitian ini menggunakan data 14 perusahaan manufaktur berskala besar di&#xD; Semarang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah para manajer dari&#xD; seluruh level/tingkatan manajemen. Kuesioner yang dikirim/diminta oleh&#xD; perusahaan yang diteliti sebanyak 174 kuesioner, tetapi yang kembali hanya 83&#xD; kuesioner (respon rate sebesar 47,70 %). Dari 83 kuesioner tersebut, hanya 80&#xD; kuesioner yang diberikan responden dengan lengkap, sehingga yang digunakan&#xD; dalam analisis data adalah 80 kuesioner. Metode analisis data yang digunakan&#xD; adalah analisis regresi berganda untuk menguji interaksi antara Total Quality&#xD; Management (TQM), dengan sistem pengukuran kinerja serta Total Quality&#xD; Management (TQM) dengan sistem penghargaan apakah mempunyai pengaruh&#xD; yang positif dan signifikan terhadap kinerja manajerial.&#xD; Hasilnya ditemukan bukti bahwa tidak terdapat pengaruh yang positif dan&#xD; signifikan dalam interaksi antara Total Quality Management (TQM), dengan&#xD; sistem pengukuran kinerja serta Total Quality Management (TQM) dengan sistem&#xD; penghargaan terhadap kinerja manajerial. Hal ini disebabkan oleh nilai koefisien&#xD; Total Quality Management (TQM) dan Sistem Pengukuran Kinerja serta Sistem&#xD; Penghargaan yang negatif .</description><date>2004</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/14098/1/00.60.0011%20Dian%20Christinawati%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/14098/2/00.60.0011%20Dian%20Christinawati%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/14098/3/00.60.0011%20Dian%20Christinawati%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/14098/4/00.60.0011%20Dian%20Christinawati%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/14098/5/00.60.0011%20Dian%20Christinawati%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/14098/6/00.60.0011%20Dian%20Christinawati%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/14098/7/00.60.0011%20Dian%20Christinawati%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/14098/8/00.60.0011%20Dian%20Christinawati%20LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Christinawati, Dian (2004) PENGARUH INTERAKSI ANTARA TOTAL QUALITY MANAGEMENT DENGAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA DAN SISTEM PENGHARGAAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Berskala Besar Di Semarang). Other thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata. </identifier><recordID>14098</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Christinawati, Dian
title PENGARUH INTERAKSI ANTARA TOTAL QUALITY MANAGEMENT DENGAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA DAN SISTEM PENGHARGAAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Berskala Besar Di Semarang)
publishDate 2004
topic Accounting Management
url http://repository.unika.ac.id/14098/1/00.60.0011%20Dian%20Christinawati%20COVER.pdf
http://repository.unika.ac.id/14098/2/00.60.0011%20Dian%20Christinawati%20BAB%20I.pdf
http://repository.unika.ac.id/14098/3/00.60.0011%20Dian%20Christinawati%20BAB%20II.pdf
http://repository.unika.ac.id/14098/4/00.60.0011%20Dian%20Christinawati%20BAB%20III.pdf
http://repository.unika.ac.id/14098/5/00.60.0011%20Dian%20Christinawati%20BAB%20IV.pdf
http://repository.unika.ac.id/14098/6/00.60.0011%20Dian%20Christinawati%20BAB%20V.pdf
http://repository.unika.ac.id/14098/7/00.60.0011%20Dian%20Christinawati%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.unika.ac.id/14098/8/00.60.0011%20Dian%20Christinawati%20LAMPIRAN.pdf
http://repository.unika.ac.id/14098/
contents Total Quality Management (TQM) merupakan suatu teknik yang sering digunakan oleh perusahaan manufaktur untuk meningkatkan kinerjanya. Meskipun ada beberapa perusahaan yang telah menerapkan teknik tersebut, ternyata ada yang berhasil meningkatkan kinerjanya, tetapi ada juga yang tidak mampu meningkatkan kinerjanya. Namun demikian, masih sedikit sekali penelitian yang menguji alasan/faktor-faktor penyebab keefektifan penerapan teknik Total Quality Management (TQM). Beberapa peneliti bidang akuntansi menyatakan bahwa kinerja perusahaan yang rendah, disebabkan oleh ketergantungannya terhadap sistem akuntansi manajemen perusahaan tersebut yang gagal dalam penentuan sasaran-sasaran yang tepat, pengukuran-pengukuran kinerja dan sistem penghargaan atau reward system. Penelitian ini memfokuskan pada Total Quality Management (TQM), dan komponen sistem akuntansi yang meliputi: sistem pengukuran kinerja dan kinerja karyawan yang didasarkan pada penghargaan. Penelitian ini menggunakan insentif individual. Penghargaan yang diberikan berupa insentif yang diberikan secara individual vs kelompok. Sedangkan kinerja yang diukur adalah kinerja manajerial atau seluruh tingkatan manajemen. Oleh karena itu, responden yang digunakan adalah manajer-manajer dari seluruh level/tingkatan manajemen. Penelitian ini menggunakan data 14 perusahaan manufaktur berskala besar di Semarang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah para manajer dari seluruh level/tingkatan manajemen. Kuesioner yang dikirim/diminta oleh perusahaan yang diteliti sebanyak 174 kuesioner, tetapi yang kembali hanya 83 kuesioner (respon rate sebesar 47,70 %). Dari 83 kuesioner tersebut, hanya 80 kuesioner yang diberikan responden dengan lengkap, sehingga yang digunakan dalam analisis data adalah 80 kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda untuk menguji interaksi antara Total Quality Management (TQM), dengan sistem pengukuran kinerja serta Total Quality Management (TQM) dengan sistem penghargaan apakah mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja manajerial. Hasilnya ditemukan bukti bahwa tidak terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dalam interaksi antara Total Quality Management (TQM), dengan sistem pengukuran kinerja serta Total Quality Management (TQM) dengan sistem penghargaan terhadap kinerja manajerial. Hal ini disebabkan oleh nilai koefisien Total Quality Management (TQM) dan Sistem Pengukuran Kinerja serta Sistem Penghargaan yang negatif .
id IOS2679.14098
institution Universitas Katolik Soegijapranata
institution_id 334
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Katolik Soegijapranata
library_id 522
collection Unika Repository
repository_id 2679
subject_area Akuntansi
Arsitektur
Ekonomi
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2679
first_indexed 2017-07-10T07:09:10Z
last_indexed 2017-07-10T07:09:10Z
recordtype dc
_version_ 1765771828281737216
score 17.538404