PENGARUH INTERAKSI ANTARA TOTAL QUALITY MANAGEMENT DENGAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA DAN SISTEM PENGHARGAAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Berskala Besar Di Semarang)
ctrlnum |
14098 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unika.ac.id/14098/</relation><title>PENGARUH INTERAKSI ANTARA TOTAL QUALITY MANAGEMENT DENGAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA DAN SISTEM PENGHARGAAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL
(Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Berskala Besar Di Semarang)</title><creator>Christinawati, Dian</creator><subject>Accounting Management</subject><description>Total Quality Management (TQM) merupakan suatu teknik yang sering digunakan
oleh perusahaan manufaktur untuk meningkatkan kinerjanya. Meskipun ada
beberapa perusahaan yang telah menerapkan teknik tersebut, ternyata ada yang
berhasil meningkatkan kinerjanya, tetapi ada juga yang tidak mampu
meningkatkan kinerjanya. Namun demikian, masih sedikit sekali penelitian yang
menguji alasan/faktor-faktor penyebab keefektifan penerapan teknik Total Quality
Management (TQM). Beberapa peneliti bidang akuntansi menyatakan bahwa
kinerja perusahaan yang rendah, disebabkan oleh ketergantungannya terhadap
sistem akuntansi manajemen perusahaan tersebut yang gagal dalam penentuan
sasaran-sasaran yang tepat, pengukuran-pengukuran kinerja dan sistem
penghargaan atau reward system. Penelitian ini memfokuskan pada Total Quality
Management (TQM), dan komponen sistem akuntansi yang meliputi: sistem
pengukuran kinerja dan kinerja karyawan yang didasarkan pada penghargaan.
Penelitian ini menggunakan insentif individual. Penghargaan yang diberikan
berupa insentif yang diberikan secara individual vs kelompok. Sedangkan kinerja
yang diukur adalah kinerja manajerial atau seluruh tingkatan manajemen. Oleh
karena itu, responden yang digunakan adalah manajer-manajer dari seluruh
level/tingkatan manajemen.
Penelitian ini menggunakan data 14 perusahaan manufaktur berskala besar di
Semarang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah para manajer dari
seluruh level/tingkatan manajemen. Kuesioner yang dikirim/diminta oleh
perusahaan yang diteliti sebanyak 174 kuesioner, tetapi yang kembali hanya 83
kuesioner (respon rate sebesar 47,70 %). Dari 83 kuesioner tersebut, hanya 80
kuesioner yang diberikan responden dengan lengkap, sehingga yang digunakan
dalam analisis data adalah 80 kuesioner. Metode analisis data yang digunakan
adalah analisis regresi berganda untuk menguji interaksi antara Total Quality
Management (TQM), dengan sistem pengukuran kinerja serta Total Quality
Management (TQM) dengan sistem penghargaan apakah mempunyai pengaruh
yang positif dan signifikan terhadap kinerja manajerial.
Hasilnya ditemukan bukti bahwa tidak terdapat pengaruh yang positif dan
signifikan dalam interaksi antara Total Quality Management (TQM), dengan
sistem pengukuran kinerja serta Total Quality Management (TQM) dengan sistem
penghargaan terhadap kinerja manajerial. Hal ini disebabkan oleh nilai koefisien
Total Quality Management (TQM) dan Sistem Pengukuran Kinerja serta Sistem
Penghargaan yang negatif .</description><date>2004</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/14098/1/00.60.0011%20Dian%20Christinawati%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/14098/2/00.60.0011%20Dian%20Christinawati%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/14098/3/00.60.0011%20Dian%20Christinawati%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/14098/4/00.60.0011%20Dian%20Christinawati%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/14098/5/00.60.0011%20Dian%20Christinawati%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/14098/6/00.60.0011%20Dian%20Christinawati%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/14098/7/00.60.0011%20Dian%20Christinawati%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/14098/8/00.60.0011%20Dian%20Christinawati%20LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Christinawati, Dian (2004) PENGARUH INTERAKSI ANTARA TOTAL QUALITY MANAGEMENT DENGAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA DAN SISTEM PENGHARGAAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Berskala Besar Di Semarang). Other thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata. </identifier><recordID>14098</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Christinawati, Dian |
title |
PENGARUH INTERAKSI ANTARA TOTAL QUALITY MANAGEMENT DENGAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA DAN SISTEM PENGHARGAAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL
(Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Berskala Besar Di Semarang) |
publishDate |
2004 |
topic |
Accounting Management |
url |
http://repository.unika.ac.id/14098/1/00.60.0011%20Dian%20Christinawati%20COVER.pdf http://repository.unika.ac.id/14098/2/00.60.0011%20Dian%20Christinawati%20BAB%20I.pdf http://repository.unika.ac.id/14098/3/00.60.0011%20Dian%20Christinawati%20BAB%20II.pdf http://repository.unika.ac.id/14098/4/00.60.0011%20Dian%20Christinawati%20BAB%20III.pdf http://repository.unika.ac.id/14098/5/00.60.0011%20Dian%20Christinawati%20BAB%20IV.pdf http://repository.unika.ac.id/14098/6/00.60.0011%20Dian%20Christinawati%20BAB%20V.pdf http://repository.unika.ac.id/14098/7/00.60.0011%20Dian%20Christinawati%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unika.ac.id/14098/8/00.60.0011%20Dian%20Christinawati%20LAMPIRAN.pdf http://repository.unika.ac.id/14098/ |
contents |
Total Quality Management (TQM) merupakan suatu teknik yang sering digunakan
oleh perusahaan manufaktur untuk meningkatkan kinerjanya. Meskipun ada
beberapa perusahaan yang telah menerapkan teknik tersebut, ternyata ada yang
berhasil meningkatkan kinerjanya, tetapi ada juga yang tidak mampu
meningkatkan kinerjanya. Namun demikian, masih sedikit sekali penelitian yang
menguji alasan/faktor-faktor penyebab keefektifan penerapan teknik Total Quality
Management (TQM). Beberapa peneliti bidang akuntansi menyatakan bahwa
kinerja perusahaan yang rendah, disebabkan oleh ketergantungannya terhadap
sistem akuntansi manajemen perusahaan tersebut yang gagal dalam penentuan
sasaran-sasaran yang tepat, pengukuran-pengukuran kinerja dan sistem
penghargaan atau reward system. Penelitian ini memfokuskan pada Total Quality
Management (TQM), dan komponen sistem akuntansi yang meliputi: sistem
pengukuran kinerja dan kinerja karyawan yang didasarkan pada penghargaan.
Penelitian ini menggunakan insentif individual. Penghargaan yang diberikan
berupa insentif yang diberikan secara individual vs kelompok. Sedangkan kinerja
yang diukur adalah kinerja manajerial atau seluruh tingkatan manajemen. Oleh
karena itu, responden yang digunakan adalah manajer-manajer dari seluruh
level/tingkatan manajemen.
Penelitian ini menggunakan data 14 perusahaan manufaktur berskala besar di
Semarang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah para manajer dari
seluruh level/tingkatan manajemen. Kuesioner yang dikirim/diminta oleh
perusahaan yang diteliti sebanyak 174 kuesioner, tetapi yang kembali hanya 83
kuesioner (respon rate sebesar 47,70 %). Dari 83 kuesioner tersebut, hanya 80
kuesioner yang diberikan responden dengan lengkap, sehingga yang digunakan
dalam analisis data adalah 80 kuesioner. Metode analisis data yang digunakan
adalah analisis regresi berganda untuk menguji interaksi antara Total Quality
Management (TQM), dengan sistem pengukuran kinerja serta Total Quality
Management (TQM) dengan sistem penghargaan apakah mempunyai pengaruh
yang positif dan signifikan terhadap kinerja manajerial.
Hasilnya ditemukan bukti bahwa tidak terdapat pengaruh yang positif dan
signifikan dalam interaksi antara Total Quality Management (TQM), dengan
sistem pengukuran kinerja serta Total Quality Management (TQM) dengan sistem
penghargaan terhadap kinerja manajerial. Hal ini disebabkan oleh nilai koefisien
Total Quality Management (TQM) dan Sistem Pengukuran Kinerja serta Sistem
Penghargaan yang negatif . |
id |
IOS2679.14098 |
institution |
Universitas Katolik Soegijapranata |
institution_id |
334 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Katolik Soegijapranata |
library_id |
522 |
collection |
Unika Repository |
repository_id |
2679 |
subject_area |
Akuntansi Arsitektur Ekonomi |
city |
SEMARANG |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2679 |
first_indexed |
2017-07-10T07:09:10Z |
last_indexed |
2017-07-10T07:09:10Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765771828281737216 |
score |
17.538404 |