Pengaruh Pengalaman terhadap Kinerja, Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi dengan Profesionalisme sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Semarang)
ctrlnum |
13458 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unika.ac.id/13458/</relation><title>Pengaruh Pengalaman terhadap Kinerja, Kepuasan Kerja dan
Komitmen Organisasi dengan Profesionalisme
sebagai Variabel Intervening
(Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Semarang)</title><creator>HARTONO, HENRICUS WIDY</creator><subject>Job satisfaction</subject><description>pengetahuan yang juga harus dimiliki seorang auditor. Hal tersebut menyiratkan
bahwa semakin berpengalaman maka auditor akan memiliki keahlian yang
semakin tinggi. Konsep profesionalisme yang dikembangkan oleh Hall (1968)
banyak digunakan oleh peneliti-peneliti untuk mengukur bagaimana para
profesionalisme memandang profesi mereka, yang tercermin dari sikap dan
perilaku mereka. Kinerja diartikan sebagai kesuksesan yang dicapai seseorang
dalam melaksanakan pekerjaan. Kesuksesan yang dimaksud tersebut ukurannya
tidak dapat disamakan pada semua orang, namun lebih merupakan hasil yang
dicapai oleh seseorang menurut ukuran yang berlaku sesuai dengan pekerjaan
yang ditekuninya. Dalam hubungannya dengan kinerja, para profesional
umumnya mempunyai tingkat kompetensi yang tinggi terhadap pekerjaan mereka.
Kepuasan kerja merupakan seperangkat perasaan pegawai tentang menyenangkan
atau tidaknya pekerjaan mereka, atau suatu perasaan senang atau tidak senang
pegawai yang relatif berbeda dari pemikiran obyektif dan keinginan perilaku.
Komitmen organisasi didefinisikan sebagai suatu perpaduan antara sikap dan
perilaku. Komitmen organisasi menyangkut tiga sikap yaitu, (1) rasa
mengidentifikasi dengan tujuan organisasi, (2) rasa keterlibatan dengan tugas
organisasi, dan (3) rasa kesetiaan kepada organisasi.
Alasan melakukan penelitian ini adalah untuk melakukan replikasi penelitian dari
Sumardi (2001) serta Yohanes Sri Guntur, Bambang Soepomo, dan Gitoyo (2002)
dengan cara yang sama dengan data pada obyek dan waktu yang berbeda, selain
itu dalam penelitian ini peneliti ingin memfokuskan apakah dengan adanya
variabel profesionalisme sebagai variabel intervening akan semakin meningkatkan
pengaruh positif pengalaman terhadap kinerja, kepuasan kerja dan komitmen
organisasi.Selain itu untuk menunjukkan kepada auditor betapa pentingnya bagi
auditor untuk mengerti dan peka terhadap masalah-masalah profesionalisme
dalam menjalankan profesinya demi tanggung jawabnya terhadap klien dan
masyarakat umum serta mengingat subyek penelitian ini adalah auditor yang juga
manusia, yang mudah berubah sikap, perilaku dan cara pandangnya, maka perlu
untuk melakukan penelitian secara berkelanjutan.
Populasi pada penelitian ini adalah semua auditor yang bekerja di Kantor Akuntan
Publik di Semarang, yang berjumlah 16 KAP. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah metode kuesioner. Teknik sampling yang digunakan adalah
purposive sampling. Dari 87 kuesioner yang dikirim pada 16 Kantor Akuntan
Publik di Semarang hanya 46 kuesioner yang kembali dan memenuhi syarat
kelengkapan data. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur ( Path
Analysis ). Hasil penelitian diperoleh bahwa variabel pengalaman memiliki pengaruh tidak langsung terhadap kinerja, kepuasan kerja, dan komitmen
organisasi melalui profesionalisme.</description><date>2005</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/13458/1/02.60.0006%20Henricus%20Widi%20Hartono%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/13458/2/02.60.0006%20Henricus%20Widi%20Hartono%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/13458/3/02.60.0006%20Henricus%20Widi%20Hartono%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/13458/4/02.60.0006%20Henricus%20Widi%20Hartono%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/13458/5/02.60.0006%20Henricus%20Widi%20Hartono%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/13458/6/02.60.0006%20Henricus%20Widi%20Hartono%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/13458/7/02.60.0006%20Henricus%20Widi%20Hartono%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unika.ac.id/13458/8/02.60.0006%20Henricus%20Widi%20Hartono%20LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> HARTONO, HENRICUS WIDY (2005) Pengaruh Pengalaman terhadap Kinerja, Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi dengan Profesionalisme sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Semarang). Other thesis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Katolik Soegijapranata Semarang. </identifier><recordID>13458</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
HARTONO, HENRICUS WIDY |
title |
Pengaruh Pengalaman terhadap Kinerja, Kepuasan Kerja dan
Komitmen Organisasi dengan Profesionalisme
sebagai Variabel Intervening
(Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Semarang) |
publishDate |
2005 |
topic |
Job satisfaction |
url |
http://repository.unika.ac.id/13458/1/02.60.0006%20Henricus%20Widi%20Hartono%20COVER.pdf http://repository.unika.ac.id/13458/2/02.60.0006%20Henricus%20Widi%20Hartono%20BAB%20I.pdf http://repository.unika.ac.id/13458/3/02.60.0006%20Henricus%20Widi%20Hartono%20BAB%20II.pdf http://repository.unika.ac.id/13458/4/02.60.0006%20Henricus%20Widi%20Hartono%20BAB%20III.pdf http://repository.unika.ac.id/13458/5/02.60.0006%20Henricus%20Widi%20Hartono%20BAB%20IV.pdf http://repository.unika.ac.id/13458/6/02.60.0006%20Henricus%20Widi%20Hartono%20BAB%20V.pdf http://repository.unika.ac.id/13458/7/02.60.0006%20Henricus%20Widi%20Hartono%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unika.ac.id/13458/8/02.60.0006%20Henricus%20Widi%20Hartono%20LAMPIRAN.pdf http://repository.unika.ac.id/13458/ |
contents |
pengetahuan yang juga harus dimiliki seorang auditor. Hal tersebut menyiratkan
bahwa semakin berpengalaman maka auditor akan memiliki keahlian yang
semakin tinggi. Konsep profesionalisme yang dikembangkan oleh Hall (1968)
banyak digunakan oleh peneliti-peneliti untuk mengukur bagaimana para
profesionalisme memandang profesi mereka, yang tercermin dari sikap dan
perilaku mereka. Kinerja diartikan sebagai kesuksesan yang dicapai seseorang
dalam melaksanakan pekerjaan. Kesuksesan yang dimaksud tersebut ukurannya
tidak dapat disamakan pada semua orang, namun lebih merupakan hasil yang
dicapai oleh seseorang menurut ukuran yang berlaku sesuai dengan pekerjaan
yang ditekuninya. Dalam hubungannya dengan kinerja, para profesional
umumnya mempunyai tingkat kompetensi yang tinggi terhadap pekerjaan mereka.
Kepuasan kerja merupakan seperangkat perasaan pegawai tentang menyenangkan
atau tidaknya pekerjaan mereka, atau suatu perasaan senang atau tidak senang
pegawai yang relatif berbeda dari pemikiran obyektif dan keinginan perilaku.
Komitmen organisasi didefinisikan sebagai suatu perpaduan antara sikap dan
perilaku. Komitmen organisasi menyangkut tiga sikap yaitu, (1) rasa
mengidentifikasi dengan tujuan organisasi, (2) rasa keterlibatan dengan tugas
organisasi, dan (3) rasa kesetiaan kepada organisasi.
Alasan melakukan penelitian ini adalah untuk melakukan replikasi penelitian dari
Sumardi (2001) serta Yohanes Sri Guntur, Bambang Soepomo, dan Gitoyo (2002)
dengan cara yang sama dengan data pada obyek dan waktu yang berbeda, selain
itu dalam penelitian ini peneliti ingin memfokuskan apakah dengan adanya
variabel profesionalisme sebagai variabel intervening akan semakin meningkatkan
pengaruh positif pengalaman terhadap kinerja, kepuasan kerja dan komitmen
organisasi.Selain itu untuk menunjukkan kepada auditor betapa pentingnya bagi
auditor untuk mengerti dan peka terhadap masalah-masalah profesionalisme
dalam menjalankan profesinya demi tanggung jawabnya terhadap klien dan
masyarakat umum serta mengingat subyek penelitian ini adalah auditor yang juga
manusia, yang mudah berubah sikap, perilaku dan cara pandangnya, maka perlu
untuk melakukan penelitian secara berkelanjutan.
Populasi pada penelitian ini adalah semua auditor yang bekerja di Kantor Akuntan
Publik di Semarang, yang berjumlah 16 KAP. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah metode kuesioner. Teknik sampling yang digunakan adalah
purposive sampling. Dari 87 kuesioner yang dikirim pada 16 Kantor Akuntan
Publik di Semarang hanya 46 kuesioner yang kembali dan memenuhi syarat
kelengkapan data. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur ( Path
Analysis ). Hasil penelitian diperoleh bahwa variabel pengalaman memiliki pengaruh tidak langsung terhadap kinerja, kepuasan kerja, dan komitmen
organisasi melalui profesionalisme. |
id |
IOS2679.13458 |
institution |
Universitas Katolik Soegijapranata |
institution_id |
334 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Katolik Soegijapranata |
library_id |
522 |
collection |
Unika Repository |
repository_id |
2679 |
subject_area |
Akuntansi Arsitektur Ekonomi |
city |
SEMARANG |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2679 |
first_indexed |
2017-07-10T07:08:53Z |
last_indexed |
2017-07-10T07:08:53Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765771824454434816 |
score |
17.538404 |