Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perceived usefulness, kepercayaan dan risiko terhadap loyalitas dengan kepuasan konsumen sebagai variabel mediasi pada TikTok Shop. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perceived usefulness, kepercayaan, risiko, kepuasan konsumen, dan loyalitas konsumen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei melalui kuisioner. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen kelahiran tahun 1997 – 2012 (generasi Z) dan pernah menggunakan aplikasi TikTok Shop ≥ 2 kali. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 232 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Alat analisis yang digunakan yaitu PLS - SEM (Partial Least Square - Structural Equation Modelling). Hasil analisis data dengan signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa pengaruh perceived usefulness terhadap.kepuasan.dan.loyalitas konsumen.tidak..berpengaruh..secara..signifikan. Pengaruh kepercayaan.terhadap kepuasan.konsumen berpengaruh signifikan, namun pengaruh kepercayaan terhadap loyalitas konsumen tidak berpengaruh secara signifikan. Pengaruh risiko.terhadap kepuasan dan loyalitas.konsumen berpengaruh negatif namun signifikan. Kepuasan konsumen tidak memiliki efek mediasi diantara pengaruh perceived usefulness terhadap loyalitas konsumen, kepercayaan memiliki mediasi tidak langsung terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen, dan kepuasan konsumen dapat menjadi variabel mediasi kompetitif pada pengaruh risiko terhadap loyalitas konsumen.