PENGARUH PENGALAMAN BELAJAR TERHADAP PROSES PENGAJARAN SEBAGAI DOSEN (Studi Kasus Alumni UAJY yang Menjadi Dosen di UAJY)
Main Authors: | Astuti, Vita Noor Prima, Nemere, Maria Setyaningsih, Wiratsih, Woro |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
UAJY
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://e-journal.uajy.ac.id/19516/1/KOM_Vita%20Noor%20Prima%20Astuti_PENGARUH%20PENGALAMAN%20BELAJAR%20TERHADAP%20PROSES%20PENGAJARAN%20SEBAGAI%20DOSEN%20%28Studi%20Kasus%20Alumni%20UAJY%20yang%20Menjadi%20Dosen%20di%20UAJY%29.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/19516/ |
Daftar Isi:
- Pada dasarnya, identitas seorang pendidik dipengaruhi oleh elemen yang bervariasi. Jika pendidik tidak memiliki latar belakang pendidikan sehubungan dengan ilmu dan keahlian dalam teknik mengajar, dapat diasumsikan bahwa elemen yang berpengaruh pada proses pengajarannya adalah hal- hal yang berhubungan dengan proses pengajaran yang dialaminya di masa lalu, termasuk proses belajarnya di masa kuliahnya dulu. Besarnya pengaruh pengalaman belajar menjadi suatu hal yang perlu diteliti. Di Universitas Atma Jaya Yogyakarta, banyak dosen yang merupakan alumni. Hal ini dapat menjadi bahan pertimbangan bagi tim pengembangan SDM dan mutu pembelajaran di UAJY. Apakah pengalaman belajar mereka sudah menjadi bekal yang cukup atau masih perlu diadakan usaha- usaha lain untuk meningkatkan kualitas pengajaran. Oleh karena itu, dirancanglah studi kasus untuk mengetahui pengaruh pengalaman belajar terhadap proses mengajar di UAJY. Pengumpulan data bagi studi kasus ini dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner dimana obyek penelitian ini adalah para dosen UAJY yang juga merupakan alumni UAJY. Untuk memperoleh data yang lebih lengkap dan terperinci, interview menjadi metode pengumpulan data selanjutnya. Dari hasil analis data yang diperoleh, pengalaman belajar memang sangat berpengaruh terhadap proses mengajar para dosen yang menjadi alumni, mengingat mereka tidak memiliki latar belakang pendidikan tentang ilmu pengajaran di kelas. Pengaruhnya ternyata berdampak pada banyak aspek seperti metode pengajaran, penilaian. Namun, jika dirasa sudah tidak relevan dengan karakter pengajar dan perkembangan jaman, hal- hal di pembelajaran masa lalu sudah tidak diaplikasikan lagi.