PENGARUH PENGALAMAN BELAJAR TERHADAP PROSES PENGAJARAN SEBAGAI DOSEN (Studi Kasus Alumni UAJY yang Menjadi Dosen di UAJY)

Main Authors: Astuti, Vita Noor Prima, Nemere, Maria Setyaningsih, Wiratsih, Woro
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: UAJY
Subjects:
Online Access: http://e-journal.uajy.ac.id/19516/1/KOM_Vita%20Noor%20Prima%20Astuti_PENGARUH%20PENGALAMAN%20BELAJAR%20TERHADAP%20PROSES%20PENGAJARAN%20SEBAGAI%20DOSEN%20%28Studi%20Kasus%20Alumni%20UAJY%20yang%20Menjadi%20Dosen%20di%20UAJY%29.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/19516/
ctrlnum 19516
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://e-journal.uajy.ac.id/19516/</relation><title>PENGARUH PENGALAMAN BELAJAR TERHADAP PROSES PENGAJARAN&#xD; SEBAGAI DOSEN&#xD; (Studi Kasus Alumni UAJY yang Menjadi Dosen di UAJY)</title><creator>Astuti, Vita Noor Prima</creator><creator>Nemere, Maria Setyaningsih</creator><creator>Wiratsih, Woro</creator><subject>Public Relations</subject><description>Pada dasarnya, identitas seorang pendidik dipengaruhi oleh elemen yang bervariasi. Jika&#xD; pendidik tidak memiliki latar belakang pendidikan sehubungan dengan ilmu dan keahlian dalam&#xD; teknik mengajar, dapat diasumsikan bahwa elemen yang berpengaruh pada proses pengajarannya&#xD; adalah hal- hal yang berhubungan dengan proses pengajaran yang dialaminya di masa lalu,&#xD; termasuk proses belajarnya di masa kuliahnya dulu. Besarnya pengaruh pengalaman belajar&#xD; menjadi suatu hal yang perlu diteliti. Di Universitas Atma Jaya Yogyakarta, banyak dosen yang&#xD; merupakan alumni. Hal ini dapat menjadi bahan pertimbangan bagi tim pengembangan SDM dan&#xD; mutu pembelajaran di UAJY. Apakah pengalaman belajar mereka sudah menjadi bekal yang&#xD; cukup atau masih perlu diadakan usaha- usaha lain untuk meningkatkan kualitas pengajaran.&#xD; Oleh karena itu, dirancanglah studi kasus untuk mengetahui pengaruh pengalaman belajar&#xD; terhadap proses mengajar di UAJY. Pengumpulan data bagi studi kasus ini dilakukan dengan&#xD; menggunakan metode kuesioner dimana obyek penelitian ini adalah para dosen UAJY yang juga&#xD; merupakan alumni UAJY. Untuk memperoleh data yang lebih lengkap dan terperinci, interview&#xD; menjadi metode pengumpulan data selanjutnya. Dari hasil analis data yang diperoleh,&#xD; pengalaman belajar memang sangat berpengaruh terhadap proses mengajar para dosen yang&#xD; menjadi alumni, mengingat mereka tidak memiliki latar belakang pendidikan tentang ilmu&#xD; pengajaran di kelas. Pengaruhnya ternyata berdampak pada banyak aspek seperti metode&#xD; pengajaran, penilaian. Namun, jika dirasa sudah tidak relevan dengan karakter pengajar dan&#xD; perkembangan jaman, hal- hal di pembelajaran masa lalu sudah tidak diaplikasikan lagi.</description><publisher>UAJY</publisher><type>Other:Other</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://e-journal.uajy.ac.id/19516/1/KOM_Vita%20Noor%20Prima%20Astuti_PENGARUH%20PENGALAMAN%20BELAJAR%20TERHADAP%20PROSES%20PENGAJARAN%20SEBAGAI%20DOSEN%20%28Studi%20Kasus%20Alumni%20UAJY%20yang%20Menjadi%20Dosen%20di%20UAJY%29.pdf</identifier><identifier> Astuti, Vita Noor Prima and Nemere, Maria Setyaningsih and Wiratsih, Woro PENGARUH PENGALAMAN BELAJAR TERHADAP PROSES PENGAJARAN SEBAGAI DOSEN (Studi Kasus Alumni UAJY yang Menjadi Dosen di UAJY). UAJY. </identifier><recordID>19516</recordID></dc>
language ind
format Other:Other
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Astuti, Vita Noor Prima
Nemere, Maria Setyaningsih
Wiratsih, Woro
title PENGARUH PENGALAMAN BELAJAR TERHADAP PROSES PENGAJARAN SEBAGAI DOSEN (Studi Kasus Alumni UAJY yang Menjadi Dosen di UAJY)
publisher UAJY
topic Public Relations
url http://e-journal.uajy.ac.id/19516/1/KOM_Vita%20Noor%20Prima%20Astuti_PENGARUH%20PENGALAMAN%20BELAJAR%20TERHADAP%20PROSES%20PENGAJARAN%20SEBAGAI%20DOSEN%20%28Studi%20Kasus%20Alumni%20UAJY%20yang%20Menjadi%20Dosen%20di%20UAJY%29.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/19516/
contents Pada dasarnya, identitas seorang pendidik dipengaruhi oleh elemen yang bervariasi. Jika pendidik tidak memiliki latar belakang pendidikan sehubungan dengan ilmu dan keahlian dalam teknik mengajar, dapat diasumsikan bahwa elemen yang berpengaruh pada proses pengajarannya adalah hal- hal yang berhubungan dengan proses pengajaran yang dialaminya di masa lalu, termasuk proses belajarnya di masa kuliahnya dulu. Besarnya pengaruh pengalaman belajar menjadi suatu hal yang perlu diteliti. Di Universitas Atma Jaya Yogyakarta, banyak dosen yang merupakan alumni. Hal ini dapat menjadi bahan pertimbangan bagi tim pengembangan SDM dan mutu pembelajaran di UAJY. Apakah pengalaman belajar mereka sudah menjadi bekal yang cukup atau masih perlu diadakan usaha- usaha lain untuk meningkatkan kualitas pengajaran. Oleh karena itu, dirancanglah studi kasus untuk mengetahui pengaruh pengalaman belajar terhadap proses mengajar di UAJY. Pengumpulan data bagi studi kasus ini dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner dimana obyek penelitian ini adalah para dosen UAJY yang juga merupakan alumni UAJY. Untuk memperoleh data yang lebih lengkap dan terperinci, interview menjadi metode pengumpulan data selanjutnya. Dari hasil analis data yang diperoleh, pengalaman belajar memang sangat berpengaruh terhadap proses mengajar para dosen yang menjadi alumni, mengingat mereka tidak memiliki latar belakang pendidikan tentang ilmu pengajaran di kelas. Pengaruhnya ternyata berdampak pada banyak aspek seperti metode pengajaran, penilaian. Namun, jika dirasa sudah tidak relevan dengan karakter pengajar dan perkembangan jaman, hal- hal di pembelajaran masa lalu sudah tidak diaplikasikan lagi.
id IOS2676.19516
institution Universitas Atma Jaya Yogyakarta
institution_id 70
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Atma Jaya Yogyakarta
library_id 276
collection Repository Universitas Atma Jaya Yogyakarta
repository_id 2676
subject_area Ekonomi
Hukum
Komunikasi dan Media
city SLEMAN
province DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
repoId IOS2676
first_indexed 2019-08-11T06:54:01Z
last_indexed 2019-08-11T06:54:01Z
recordtype dc
_version_ 1765769883422818304
score 17.538404