PENGARUH ENDORSER CREDIBILITY TERHADAP BRAND CREDIBILITY SERTA CONSUMER – BASED BRAND EQUITY LIPSTICK DAN BLUSH ON WARDAH DANEMINA DI SURABAYA

Main Author: Utomo, Audria Angelie
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Perpustakaan Universitas Surabaya , 2017
Online Access: http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/951
http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/951/759
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh endorser credibility dari merek Wardah dan Emina kategori lipstick  (parent brand) dan  blush on (sub - brand) terhadap brand credibility dan  consumer based – brand equity di Surabaya. Teori yang digunakan adalah the associative network memory model dan  brand signaling theory.  Penelitian ini menggunakan sampel yaitu pembeli dan pengguna  lipstick atau blush on dari merek Wardah atau Emina yang berdomisili di Surabaya. Jumlah sampel yang digunakan adalah 246 responden. Penelitian ini menggunakan model tunggal dan model multi sampel dengan parameter yang berbeda. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling dan metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah menggunakan SPSS versi 18 dan Lisrel versi 8.8.  Hasil dari penelitian ini adalah  endorser credibility berpengaruh positif terhadap  brand credibility tapi berpengaruh negatif terhadap consumer – based brand equity. Hal ini membuat mediasi dari variabel brand credibility untuk menjembatani pengaruh dari endorser credibility terhadap consumer – based brand equity. Moderasi dari parent brand  atau  sub – brand hanya berpengaruh positif terhadap pengaruh dari  endorser credibility terhadap  brand credibility  tapi tidak berpengaruh positif terhadap pengaruh dari  endorser credibility terhadap  consumer – based brand equity.