Penerapan Metode QFD (Quality Function Deployment) di UD Garuda Motor Jajag, Banyuwangi
Main Author: | Utomo, Giovani Hartanto Ardian |
---|---|
Format: | Undergraduate thesis PeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
UNKNOWN
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ubaya.ac.id/32211/1/M_5812_Abstrak.pdf http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/244273 http://repository.ubaya.ac.id/32211/ |
Daftar Isi:
- Dalam rangka melakukan peningkatan kualitas layanan di UDGaruda Motor Jajag, dilakukan kajiandengan mengimplementasikan Quality Function Deployment (QFD). Tujuan dari implementasi Quality Function Deployment(QFD) ialah untuk mendapatkan Voice of Customer, Prioritas Tindakan Respon Teknis, serta menghasilkan usulan strategi yang sebaiknya diambil oleh perusahaanuntuk meningkatkan kualitas layanan.Berdasarkan kajian yang dilakukan menggunakan metode Quality Function Deployment(QFD) yang diterapkan terhadap service quality, terdapat lima dimensi kualitas layanan yang digunakan (tangible,assurance,reliability,responsiveness, dan emphaty) dan didapatkan usulan tindakan respon teknis yang dilakukan perusahaan (mengganti peralatan bengkel yang usang dan mengadaptasi peralatan baru, membuka cabang baru yang lebih strategis, menerapkan SOP yang telah dibuat, membuat sistem antrian dengan angka, trainingproblem solvingdan penjelasan F.A.Q terhadap karyawan, melakukan sewa jasa software developer,memberlakukan sistem waktu tunggu maksimum, peningkatan komunikasi antar departemen penjualan dengan departemen lain, diberlakukan meetingtambahan bagi karyawan, dan penanaman visi dan misi perusahaan). Dari perhitungan, dapat diketahui bahwa semua respon teknis dari perusahaan belum maksumum dan perlu ditingkatkan lagi, guna meningkatkan kulitas layanan yang ada di UDGaruda Motor Jajag.