PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN APLIKASI GRABFOOD SELAMA COVID-19
Main Authors: | Richadinata, Kadek Riyan Putra, Astitiani, Ni Luh Putu Surya, Saputra, I Gusti Ngurah Made Yudhi Saputra Yudhi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
, 2022
|
Online Access: |
https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/85786 https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/85786/44215 |
Daftar Isi:
- Perkembangan dunia menciptakan persaingan yang ketat. Berbagai cara dilakukan agar dapat memperoleh pelanggan dan mempertahankannya. Salah satu strategi yang dipakai perusahaan untuk bisa memenangkan persaingan adalah dengan kualitas layanan yang baik, Pelanggan tertarik membeli sebuah produk atau jasa karena kualitas layanan yang baik. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen aplikasi GrabFood selama masa Covid19 di lingkungan Universitas Bali Internasional. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Bali Internasional sebanyak 72 orang dimana hasil pengumpulan data diolah menggunakan teknik analisis faktor konfirmatori/Confirmatory Factor Analysis (CFA). Hasil penelitian membuktikan bahwa Grabfood masih menjadi pilihan terbaik oleh mahasiswa Universitas Bali Internasional karena harga, promosi dan kualitas pelayanannya. Promosi menjadi tujuan utama mahasiswa untuk bertahan menggunakan Grabfood. Selain itu, kualitas pelayanan para driver juga salah satu manfaat baik yang diterima oleh mahasiswa Universitas Bali Internasional. Pelaku usaha diharapkan untuk memberikan harga yang terjangkau dan memperhatikan manfaat yang diterima oleh konsumen serta peningkatan dalam kualitas pelayanan. Kata Kunci: harga, promosi, kualitas pelayanan, keputusan pembelian, Covid19
- The development of the world creates intense competition. Various ways are done in order to get customers and keep them. One of the strategies used by companies to win the competition is with good service quality. Customers are interested in buying a product or service because of good service quality. This study aims to determine the effect of price, promotion and service quality on consumer purchasing decisions for the GrabFood application during the Covid19 period at the International Bali University. The sample in this study were 72 International Bali University students where the results of data collection were processed using confirmatory factor analysis (CFA) techniques. The results of the study prove that Grabfood is still the best choice for students at the International Bali University because of its price, promotion and service quality. Promotion is the main goal of students to survive using Grabfood. In addition, the service quality of the drivers is also one of the good benefits received by students of the International Bali University. Business actors are expected to provide affordable prices and pay attention to the benefits received by consumers as well as improvements in service quality. Keywords: price, promotion, service quality, purchase decision,