EMOSI POSITIF MEMEDIASI PENGARUH ATMOSFER TOKO TERHADAP PEMBELIAN TIDAK TERENCANA
Main Authors: | Artana, I Putu Widya, Aksari, Ni Made Asti |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
, 2020
|
Online Access: |
https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/57444 https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/57444/34542 |
Daftar Isi:
- Pembelian tidak terencana merupakan pembelian yang dilakukan secara mendadak tanpa melalui proses perencanaan. Pembelian tidak terencana dapat disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah rangsangan yang diciptakan melalui atmosfer toko. Pengaturan atmosfer toko yang baik akan menimbulkan emosi positif pada konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran emosi positif dalam memediasi pengaruh atmosfer toko terhadap pembelian tidak terencana pada konsumen Alfamart di Kota Denpasar. Penelitian ini menggunakan 104 orang sebagai sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner secara online menggunakan google form. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan atmosfer toko mempunyai pengaruh positif dan signfikan terhadap emosi positif, sementara itu atmosfer toko dan emosi positif juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian tidak terencana. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa emosi positif mampu memediasi pengaruh atmosfer toko terhadap pembelian tidak terencana. Kata kunci : atmosfer toko, emosi positif, pembelian tidak terencana.
- Unplanned purchases are purchases that are made without going through the planning process. Unplanned purchases are caused by various factors, one example is store atmosphere. A good store atmosphere can generate positive emotions on consumers. This study aims to determine the role of positive emotions in mediating the influence of store atmosphere on unplanned purchases in Alfamart Denpasar. This study used 104 people as samples by using purposive sampling technique. Data in this study were collected through online questionnaires using Google form, and analysed using Path analysis. The results show that store atmosphere has significant influence on positive emotions and unplanned purchases. Positive emotions also have significant effect on unplanned purchases. Furthermore, study results also show that positive emotions can mediate the influence of store atmosphere on unplanned purchases. Keywords: store atmosphere, positive emotions, unplanned purchases.