Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Brand Image terhadap Purchase Intention (Studi pada Peminat Shampoo Pantene di Purworejo)
Main Author: | Riyanti, Ananta; UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Manajemen
, 2017
|
Online Access: |
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/4038 http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/4038/3797 |
Daftar Isi:
- Dalam memasarkan produknya, salah satu cara yang digunakan oleh perusahaanyaitu dengan memanfaatkan media sosial facebook melalui electronic word of mouthagar dapat menarik minat beli konsumennya. Dikalangan masyarakat Indonesiashampoo Pantene merupakan shampoo yang memiliki citra yang kuat dibandingkandengan shampoo merek lain. Dengan adanya produk yang memiliki citra merek (brandimage) yang baik seperti produk shampoo Pantene, keinginan konsumen atau minat beli(purchase intention) konsumen akan semakin tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk:menguji pengaruh electronic word of mouth dan brand image secara parsial terhadappurchase intention pada peminat Shampoo Pantene di Purworejo.Populasi penelitian ini adalah peminat produk Shampoo Pantene di Purworejo.Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Teknik pengambilan sampel denganteknik purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakankuesioner dengan skala Likert yang sudah diujicoba dan telah memenuhi syarat validitasdan reliabilitas. Analisis data yang digunakan adalah regresi liniear berganda.Berdasarkan hasil Hasil analisis regresi liniear berganda dapat disimpulkanbahwa electronic word of mouth dan brand image secara parsial berpengaruh positif dansignifikan terhadap purchase intention pada peminat shampoo Pantene di Purworejo.Kata kunci: electronic word of mouth, brand image, purchase intention.