PENGARUH DAYA TARIK IKLAN, EFEK KOMUNITAS, DAN BRAND ACTIVATION TERHADAP BRAND AWARENESS KERUDUNG INSTAN RABBANI

Main Author: Yulianajua, Dewi; UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Manajemen , 2017
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/4013
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/4013/3771
Daftar Isi:
  • Banyaknya model dan merek kerudung seperti yang ditawarkan oleh industrigarmen membuat konsumen memiliki banyak alternatif pilihan. Berkembangnya inovasiinovasidari berbagai produk, dari yang bermerek terkenal sampai yang hanya produktiruan pun beredar di pasaran. Adanya produk-produk tiruan saat ini membuat produsenberlomba-lomba untuk mengembangkan merek. Oleh karena itu, merek harus dikeloladengan baik. Tujuan penelitian diantaranya, 1) menguji pengaruh daya tarik iklanterhadap brand awareness, 2) menguji pengaruh efek komunitas terhadap brandawareness, 3) menguji pengaruh brand activation terhadap brand awareness.Populasi penelitian ini adalah wanita pengguna kerudung, pengambilan sampeldilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel yangdigunakan adalah 100 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner denganalternatif pilihan jawaban menggunakan Skala Likert yang terdiri dari lima pilihanjawaban. Kuesioner telah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas danreliabilitas dan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi.Hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) daya tarik iklan (X1) memilikipengaruh yang positif dan signifikan terhadap brand awareness (Y), 2) efek komunitas(X2) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap brand awareness (Y), 3)brand activation (X3) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap brandawareness (Y). Hal ini menunjukkan bahwa keseluruhan hipotesis yang diajukan terbuktidan dapat diterima.Kata kunci: daya tarik iklan, efek komunitas, brand activation, brand awareness