Pengaruh Nilai Pelanggan, Kesadaran Merek, dan Switching Barrier terhadap Loyalitas Pelanggan IndiHome di Purworejo

Main Author: Sutedi, Sutedi; UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Manajemen , 2017
Online Access: http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/4003
http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/segmen/article/view/4003/3764
Daftar Isi:
  • Situasi persaingan yang tinggi antar penyedia jasa telekomunikasi membuat perusahaan yang bergerak dibidang telekomuniksi berlomba-lomba memberikan tawaran yang menarik. Pelanggan umumnya memilih produk yang menurut mereka mampu memberikan keuntungan dan fasilitas lebih baik. Oleh karena itu, Telkom harus waspada agar pelanggan IndiHome tidak beralih ke penyedia jasa telekomunikasi lainnya. Loyalitas pelanggan memiliki peran penting dalam sebuah perusahaan, mempertahankan pelanggan berarti meningkatkan kinerja keuangan dan mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan. Loyalitas pelanggan dapat dipengaruhi oleh faktor nilai pelanggan, kesadaran merek dan hambatan berpindah. Loyalitas pelanggan berawal dari penilaian pelanggan terhadap produk yang diterimanya, Pelanggan akan merasa puas jika kualitas yang diberikan telah sesuai dengan harapan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh nilai pelanggan, kesadaran merek, dan switching barrier terhadap loyalitas pelanggan IndiHome di Purworejo.Objek penelitian ini adalah pelanggan IndiHome di Purworejo. Populasi penelitian ini adalah pelanggan IndiHome di Purworejo yang tetap loyal menggunakan produk IndiHome. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. yang dikumpulkan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan jawaban menggunakan metode Skala Likert. Untuk mengetahui keakuratan pengukuran serta kestabilan parameter kuesioner, terlebih dahulu dilakukan pengujian kuesioner dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Pada penelitian ini untuk menguji hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda.Hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) nilai pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, 2) Kesadaran merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, 3) Switching barrier berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hal ini menunjukkan bahwa keseluruhan hipotesis yang diajukan terbukti dan dapat diterima.Kata kunci: nilai pelanggan, kesadaran merek, switching barrier, loyalitas pelanggan