Analisis Akuntabilitas Pemberian Informasi Yang Berkualitas Bagi Masyarakat Dalam Pelayanan e-KTP Pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Batu

Main Author: Sasmito, Cahyo; Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur , 2018
Online Access: http://ejournal.upnjatim.ac.id/index.php/jdg/article/view/1202
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan dari bulan Januari 2017 sampai dengan Maret 2017, metode penelitian dengan pendekatan dekriptif kualitatif, Pelayanan e-KTP merupakan pelayanan dasar bagi semua warga Negara Indonesia khususnya yang telah memenuhi syarat sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dalam implementasinya pelayanan e-KTP pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batu masih dijumpai keluhan-keluhan masyarakat pada saat membutuhkan jasa pelayanan e-KTP, khususnya setelah diterbitkannya Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 471/1767/SJ Tentang Persyaratan Pembuatan e-KTP, tidak perlu pengantar RT, RW. Tetapi staf Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batu yang bertugas masih meminta pengantar RT dan RW, untuk masyarakat yang mengajukan perpanjanagan e-KTP, waktu pencetakan KTP yang lama, seringnya bermasalah pada server ketika pengambilan data baik scan retina mata, pengambilan sidik jari, tanda tanggan, dan photo. Kata kunci: informasi, pelayanan dan kualitas DOI https://doi.org/10.33005/jdg.v7i2.1202