KREATIVITAS SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SEGIEMPAT DAN SEGITIGA DITINJAU DARI LEVEL FUNGSI KOGNITIF RIGOROUS MATHEMATICAL THINKING (RMT)

Main Authors: ERIEANI LAILY, IGA, TEGUH BUDIARTO, MEGA
Format: eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurusan Matematika UNESA , 2013
Online Access: http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/7312
ctrlnum article-7312
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">KREATIVITAS SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SEGIEMPAT DAN SEGITIGA DITINJAU DARI LEVEL FUNGSI KOGNITIF RIGOROUS MATHEMATICAL THINKING (RMT)</title><creator> ERIEANI LAILY, IGA</creator><creator>TEGUH BUDIARTO, MEGA</creator><description lang="en-US">Kreativitas merupakan satu dari beberapa hal yang harus dimiliki siswa dalam belajar matematika. Terdapat lima indikator kreativitas, yaitu terstruktur (structured) kelenturan (flexibility), keterincian (elaboration), kefasihan (fluency), dan kebaruan (novelty). Untuk menumbuhkan dan mengasah kreativitas siswa, maka siswa harus diperkenalkan dengan masalah-masalah matematika yang menantang dan merangsang siswa untuk berpikir. Untuk dapat menyelesaikan masalah dengan cermat, siswa harus memiliki pemahaman konsep yang baik. Pemahaman konsep yang baik dapat terjadi jika siswa memanfaatkan peralatan psikologis yang sudah dimiliki. Pemanfaatan peralatan psikologis matematis merupakan salah satu hal yang ditekankan pada Rigorous Mathematical Thinking (RMT). Untuk berpikir matematis secara rigorous diperlukan tiga level fungsi kognitif, yaitu level 1, level 2, dan level 3. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas siswa SMP dalam menyelesaikan masalah segiempat dan segitiga ditinjau dari level fungsi kognitif RMT. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di kelas VIII A SMP Negeri 1 Puri, Mojokerto tahun ajaran 2013/2014. Subjek penelitian adalah satu siswa pada setiap level fungsi kognitif RMT. Instrumen pendukung pada penelitian ini terdiri dari Tes Level Fungsi Kognitif (TLFK), Tes Pemecahan Masalah (TPM), dan pedoman wawancara. Tahap analisis data pada penelitian ini terdiri dari reduksi data, pemaparan data, dan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa pada level 1 telah mencapai indikator terstruktur (structured) keterincian (elaboration), dan kefasihan (fluency) secara optimal. Siswa pada level 2 telah mencapai terstruktur (structured) keterincian (elaboration), dan kefasihan (fluency) secara optimal, sedangkan indikator kelenturan (flexibility) belum tercapai secara optimal. Siswa pada level 3 telah mencapai indikator terstruktur (structured) kelenturan (flexibility), keterincian (elaboration), dan kefasihan (fluency) secara optimal. &amp;nbsp; Kata Kunci: kreativitas, menyelesaikan masalah, segiempat, segitiga, level fungsi kognitif RMT. &amp;nbsp;</description><publisher lang="en-US">Jurusan Matematika UNESA</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2013-09-17</date><type>Other:</type><identifier>http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/7312</identifier><source lang="en-US">MATHEdunesa; Vol 1, No 3 (2014): MathEdunesa No 3 Vol 1 Tahun 2014</source><language>ind</language><recordID>article-7312</recordID></dc>
language ind
format Other:
Other
Journal:eJournal
Journal
author ERIEANI LAILY, IGA
TEGUH BUDIARTO, MEGA
title KREATIVITAS SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SEGIEMPAT DAN SEGITIGA DITINJAU DARI LEVEL FUNGSI KOGNITIF RIGOROUS MATHEMATICAL THINKING (RMT)
publisher Jurusan Matematika UNESA
publishDate 2013
url http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/7312
contents Kreativitas merupakan satu dari beberapa hal yang harus dimiliki siswa dalam belajar matematika. Terdapat lima indikator kreativitas, yaitu terstruktur (structured) kelenturan (flexibility), keterincian (elaboration), kefasihan (fluency), dan kebaruan (novelty). Untuk menumbuhkan dan mengasah kreativitas siswa, maka siswa harus diperkenalkan dengan masalah-masalah matematika yang menantang dan merangsang siswa untuk berpikir. Untuk dapat menyelesaikan masalah dengan cermat, siswa harus memiliki pemahaman konsep yang baik. Pemahaman konsep yang baik dapat terjadi jika siswa memanfaatkan peralatan psikologis yang sudah dimiliki. Pemanfaatan peralatan psikologis matematis merupakan salah satu hal yang ditekankan pada Rigorous Mathematical Thinking (RMT). Untuk berpikir matematis secara rigorous diperlukan tiga level fungsi kognitif, yaitu level 1, level 2, dan level 3. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas siswa SMP dalam menyelesaikan masalah segiempat dan segitiga ditinjau dari level fungsi kognitif RMT. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di kelas VIII A SMP Negeri 1 Puri, Mojokerto tahun ajaran 2013/2014. Subjek penelitian adalah satu siswa pada setiap level fungsi kognitif RMT. Instrumen pendukung pada penelitian ini terdiri dari Tes Level Fungsi Kognitif (TLFK), Tes Pemecahan Masalah (TPM), dan pedoman wawancara. Tahap analisis data pada penelitian ini terdiri dari reduksi data, pemaparan data, dan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa pada level 1 telah mencapai indikator terstruktur (structured) keterincian (elaboration), dan kefasihan (fluency) secara optimal. Siswa pada level 2 telah mencapai terstruktur (structured) keterincian (elaboration), dan kefasihan (fluency) secara optimal, sedangkan indikator kelenturan (flexibility) belum tercapai secara optimal. Siswa pada level 3 telah mencapai indikator terstruktur (structured) kelenturan (flexibility), keterincian (elaboration), dan kefasihan (fluency) secara optimal. &nbsp; Kata Kunci: kreativitas, menyelesaikan masalah, segiempat, segitiga, level fungsi kognitif RMT. &nbsp;
id IOS2227.article-7312
institution Universitas Negeri Surabaya
institution_id 57
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Surabaya
library_id 568
collection MATHEdunesa
repository_id 2227
subject_area Pendidikan
Matematika
city KOTA SURABAYA
province JAWA TIMUR
repoId IOS2227
first_indexed 2016-09-22T20:59:43Z
last_indexed 2016-09-22T20:59:43Z
recordtype dc
_version_ 1767108567021649920
score 17.538404