PERANAN VISUAL POP-UPDESIGN pada Buku T ahunan SMA Buatan Studio Abankirenk, Y ogyakarta T ahun 2009-2010
Main Author: | Lukitasari, Evelyne Henny |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
KEMADHA
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/Ke/article/view/225 |
Daftar Isi:
- Pemilihan para siswa SMA dalam membuat buku tahunan dengan menggunakan pop-up designmemiliki latar belakang pada buku tahunan SMA buatan Studio Abankireng Yogyakarta. Saat ini perkembangan buku tahunan sangat pesat. Hal itu disebabkan kebutuhan tiap SMA untuk mendokumentasikan Buku T ahunan pun bergeser fungsinya. Tidak hanya sebagai informasi dan dokumentasi bagi para alumni tetapi juga sebagai sebuah “pernyataan sikap” dan wadah ekspresi bagi tiap angkatan. Visual dari pop-up design pada buku tahunan SMA buatan Abankirenk Y ogyakarta tahun 2009-2010 yang menggunakan gaya desain pop art. Pop art atau seni populer adalah semata produk dari industri hiburan, yang berorientasi pada konsumen penduduk kota yang mengedepankan sisi entertaiment dalam kehidupannya. Hal ini berkaitan erat dengan prilaku, gaya hidup yang tercermin dalam gaya visual yang ditampilkan pada buku tahunan oleh masing-masing SMA dan angkatan kelulusan.Sisi entertainmentpada pop-up designitu hal yang wajib muncul dalam sebuah karya desain. Karena nilai entertainment tidak hanya untuk menarik perhatian akan tetapi memiliki makna ganda yaitu menghibur, memberi wawasan baru dan mampu menggerakan khalayak untuk mengikuti apa yang dimaksud oleh pembuat desain tersebut.