PERANAN VISUAL POP-UPDESIGN pada Buku T ahunan SMA Buatan Studio Abankirenk, Y ogyakarta T ahun 2009-2010

Main Author: Lukitasari, Evelyne Henny
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: KEMADHA , 2014
Online Access: http://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/Ke/article/view/225
ctrlnum article-225
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">PERANAN VISUAL POP-UPDESIGN pada Buku T ahunan SMA Buatan Studio Abankirenk, Y ogyakarta T ahun 2009-2010</title><creator>Lukitasari, Evelyne Henny</creator><subject lang="en-US"/><subject lang="en-US"/><subject lang="en-US"/><description lang="en-US">Pemilihan para siswa SMA&#xA0;&#xA0; dalam membuat buku tahunan dengan menggunakan pop-up designmemiliki latar&#xA0; belakang&#xA0; pada&#xA0; buku&#xA0; tahunan&#xA0; SMA&#xA0;&#xA0; buatan&#xA0; Studio&#xA0; Abankireng&#xA0; Yogyakarta.&#xA0; Saat&#xA0; ini perkembangan&#xA0; buku&#xA0; tahunan&#xA0; sangat&#xA0; pesat.&#xA0; Hal&#xA0; itu&#xA0; disebabkan&#xA0; kebutuhan&#xA0; tiap&#xA0; SMA&#xA0;&#xA0; untuk mendokumentasikan Buku&#xA0; T ahunan&#xA0; pun&#xA0; bergeser&#xA0; fungsinya.&#xA0; Tidak&#xA0; hanya&#xA0; sebagai&#xA0; informasi&#xA0; dan dokumentasi&#xA0; bagi&#xA0; para&#xA0; alumni&#xA0; tetapi&#xA0; juga&#xA0; sebagai&#xA0; sebuah&#xA0; &#x201C;pernyataan&#xA0; sikap&#x201D;&#xA0; dan&#xA0; wadah&#xA0; ekspresi bagi&#xA0; tiap&#xA0; angkatan.&#xA0; Visual&#xA0; dari&#xA0; pop-up&#xA0; design&#xA0; pada&#xA0; buku&#xA0; tahunan&#xA0; SMA&#xA0;&#xA0; buatan&#xA0; Abankirenk Y ogyakarta tahun&#xA0; 2009-2010 yang menggunakan gaya desain pop art.&#xA0; Pop art&#xA0; atau&#xA0; seni&#xA0; populer adalah&#xA0; semata&#xA0; produk&#xA0; dari&#xA0; industri&#xA0; hiburan,&#xA0; yang&#xA0; berorientasi&#xA0; pada&#xA0; konsumen&#xA0; penduduk&#xA0; kota yang&#xA0; mengedepankan&#xA0; sisi&#xA0; entertaiment&#xA0; dalam&#xA0; kehidupannya.&#xA0; Hal&#xA0; ini&#xA0; berkaitan&#xA0; erat&#xA0; dengan prilaku,&#xA0; gaya&#xA0; hidup&#xA0; yang&#xA0; tercermin&#xA0; dalam&#xA0; gaya&#xA0; visual&#xA0; yang&#xA0; ditampilkan&#xA0; pada&#xA0; buku&#xA0; tahunan&#xA0; oleh masing-masing&#xA0; SMA&#xA0;&#xA0; dan&#xA0; angkatan&#xA0; kelulusan.Sisi entertainmentpada pop-up designitu hal yang wajib muncul dalam sebuah karya desain. Karena nilai entertainment tidak hanya untuk menarik perhatian akan tetapi memiliki makna ganda yaitu menghibur, memberi wawasan baru dan mampu menggerakan khalayak untuk mengikuti apa yang dimaksud oleh pembuat desain tersebut.</description><publisher lang="en-US">KEMADHA</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2014-10-01</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Other:</type><identifier>http://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/Ke/article/view/225</identifier><source lang="en-US">KEMADHA; Vol 4, No 2 (2014)</source><source>2087-9911</source><source>2087-9911</source><language>eng</language><recordID>article-225</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
Other:
Journal:eJournal
author Lukitasari, Evelyne Henny
title PERANAN VISUAL POP-UPDESIGN pada Buku T ahunan SMA Buatan Studio Abankirenk, Y ogyakarta T ahun 2009-2010
publisher KEMADHA
publishDate 2014
url http://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/Ke/article/view/225
contents Pemilihan para siswa SMA dalam membuat buku tahunan dengan menggunakan pop-up designmemiliki latar belakang pada buku tahunan SMA buatan Studio Abankireng Yogyakarta. Saat ini perkembangan buku tahunan sangat pesat. Hal itu disebabkan kebutuhan tiap SMA untuk mendokumentasikan Buku T ahunan pun bergeser fungsinya. Tidak hanya sebagai informasi dan dokumentasi bagi para alumni tetapi juga sebagai sebuah “pernyataan sikap” dan wadah ekspresi bagi tiap angkatan. Visual dari pop-up design pada buku tahunan SMA buatan Abankirenk Y ogyakarta tahun 2009-2010 yang menggunakan gaya desain pop art. Pop art atau seni populer adalah semata produk dari industri hiburan, yang berorientasi pada konsumen penduduk kota yang mengedepankan sisi entertaiment dalam kehidupannya. Hal ini berkaitan erat dengan prilaku, gaya hidup yang tercermin dalam gaya visual yang ditampilkan pada buku tahunan oleh masing-masing SMA dan angkatan kelulusan.Sisi entertainmentpada pop-up designitu hal yang wajib muncul dalam sebuah karya desain. Karena nilai entertainment tidak hanya untuk menarik perhatian akan tetapi memiliki makna ganda yaitu menghibur, memberi wawasan baru dan mampu menggerakan khalayak untuk mengikuti apa yang dimaksud oleh pembuat desain tersebut.
id IOS2115.article-225
institution Universitas Sahid Surakarta
institution_id 195
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Sahid Surakarta
library_id 590
collection KEMADHA
repository_id 2115
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2115
first_indexed 2016-10-07T02:35:36Z
last_indexed 2017-02-25T13:56:14Z
recordtype dc
_version_ 1767085201539727360
score 17.13294