PERANAN VISUAL POP-UPDESIGN pada Buku T ahunan SMA Buatan Studio Abankirenk, Y ogyakarta T ahun 2009-2010
Main Author: | Lukitasari, Evelyne Henny |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
KEMADHA
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/Ke/article/view/225 |
ctrlnum |
article-225 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">PERANAN VISUAL POP-UPDESIGN pada Buku T ahunan SMA Buatan Studio Abankirenk, Y ogyakarta T ahun 2009-2010</title><creator>Lukitasari, Evelyne Henny</creator><subject lang="en-US"/><subject lang="en-US"/><subject lang="en-US"/><description lang="en-US">Pemilihan para siswa SMA   dalam membuat buku tahunan dengan menggunakan pop-up designmemiliki latar  belakang  pada  buku  tahunan  SMA   buatan  Studio  Abankireng  Yogyakarta.  Saat  ini perkembangan  buku  tahunan  sangat  pesat.  Hal  itu  disebabkan  kebutuhan  tiap  SMA   untuk mendokumentasikan Buku  T ahunan  pun  bergeser  fungsinya.  Tidak  hanya  sebagai  informasi  dan dokumentasi  bagi  para  alumni  tetapi  juga  sebagai  sebuah  “pernyataan  sikap”  dan  wadah  ekspresi bagi  tiap  angkatan.  Visual  dari  pop-up  design  pada  buku  tahunan  SMA   buatan  Abankirenk Y ogyakarta tahun  2009-2010 yang menggunakan gaya desain pop art.  Pop art  atau  seni  populer adalah  semata  produk  dari  industri  hiburan,  yang  berorientasi  pada  konsumen  penduduk  kota yang  mengedepankan  sisi  entertaiment  dalam  kehidupannya.  Hal  ini  berkaitan  erat  dengan prilaku,  gaya  hidup  yang  tercermin  dalam  gaya  visual  yang  ditampilkan  pada  buku  tahunan  oleh masing-masing  SMA   dan  angkatan  kelulusan.Sisi entertainmentpada pop-up designitu hal yang wajib muncul dalam sebuah karya desain. Karena nilai entertainment tidak hanya untuk menarik perhatian akan tetapi memiliki makna ganda yaitu menghibur, memberi wawasan baru dan mampu menggerakan khalayak untuk mengikuti apa yang dimaksud oleh pembuat desain tersebut.</description><publisher lang="en-US">KEMADHA</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2014-10-01</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Other:</type><identifier>http://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/Ke/article/view/225</identifier><source lang="en-US">KEMADHA; Vol 4, No 2 (2014)</source><source>2087-9911</source><source>2087-9911</source><language>eng</language><recordID>article-225</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Article Journal Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion Other Other: Journal:eJournal |
author |
Lukitasari, Evelyne Henny |
title |
PERANAN VISUAL POP-UPDESIGN pada Buku T ahunan SMA Buatan Studio Abankirenk, Y ogyakarta T ahun 2009-2010 |
publisher |
KEMADHA |
publishDate |
2014 |
url |
http://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/Ke/article/view/225 |
contents |
Pemilihan para siswa SMA dalam membuat buku tahunan dengan menggunakan pop-up designmemiliki latar belakang pada buku tahunan SMA buatan Studio Abankireng Yogyakarta. Saat ini perkembangan buku tahunan sangat pesat. Hal itu disebabkan kebutuhan tiap SMA untuk mendokumentasikan Buku T ahunan pun bergeser fungsinya. Tidak hanya sebagai informasi dan dokumentasi bagi para alumni tetapi juga sebagai sebuah “pernyataan sikap” dan wadah ekspresi bagi tiap angkatan. Visual dari pop-up design pada buku tahunan SMA buatan Abankirenk Y ogyakarta tahun 2009-2010 yang menggunakan gaya desain pop art. Pop art atau seni populer adalah semata produk dari industri hiburan, yang berorientasi pada konsumen penduduk kota yang mengedepankan sisi entertaiment dalam kehidupannya. Hal ini berkaitan erat dengan prilaku, gaya hidup yang tercermin dalam gaya visual yang ditampilkan pada buku tahunan oleh masing-masing SMA dan angkatan kelulusan.Sisi entertainmentpada pop-up designitu hal yang wajib muncul dalam sebuah karya desain. Karena nilai entertainment tidak hanya untuk menarik perhatian akan tetapi memiliki makna ganda yaitu menghibur, memberi wawasan baru dan mampu menggerakan khalayak untuk mengikuti apa yang dimaksud oleh pembuat desain tersebut. |
id |
IOS2115.article-225 |
institution |
Universitas Sahid Surakarta |
institution_id |
195 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Sahid Surakarta |
library_id |
590 |
collection |
KEMADHA |
repository_id |
2115 |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2115 |
first_indexed |
2016-10-07T02:35:36Z |
last_indexed |
2017-02-25T13:56:14Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1767085201539727360 |
score |
17.13294 |