PENGARUH LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 8 MAKASSAR

Main Authors: Islami, Monalisa, Khaeruddin, Khaeruddin, Azis, Aisyah
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Makassar , 2019
Online Access: http://ojs.unm.ac.id/JSdPF/article/view/11035
http://ojs.unm.ac.id/JSdPF/article/view/11035/6525
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian Quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses sains dalam pembelajaran fisika peserta didik yang diajar dengan pembelajaran inkuiri terbimbing dan pembelajaran konvensional, serta untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan terhadap keterampilan proses sains dalam pembelajaran fisika antara peserta didik yang diajar menggunakan inkuiri terbimbing dan peserta didik yang diajar menggunakan model konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 8 Makassar yang terdiri dari enam kelas dengan jumlah peserta didik 240, pengambilan sampel dilakukan secara random sampling dari enam kelas MIPA, yang terpilih sebagai kelas eksperimen yaitu kelas XI MIPA 2 yang diajar dengan menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas kontrol yaitu kelas XI MIPA 1 diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan analisis deskriptif diperoleh bahwa keterampilan proses sains pada kelas eksperimen berada pada kategori sangat tinggi sedangkan pada kelas control pada kategori rendah. Hasil analisis uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan proses sains peserta didik yang diajar dengan pembelajaran inkuiri terbimbing dan peserta didik yang diajar dengan menggunakan model konvensional pada taraf nyata α= 0,05.