PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN PROYEK TEKA-TEKI SILANG DAN DILENGKAPI LEMBAR KERJA SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATERI KOLOID SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 SURAKARTA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2013/2014

Main Authors: Rohmah, Iftitahur; Universitas Sebelas Maret, Nurhayati, Nanik Dwi; Universitas Sebelas Maret, Ashadi, Ashadi; Universitas Sebelas Maret
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret , 2014
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/4249
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/4249/2990
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Teams Assisted Individualization (TAI) dengan proyek teka-teki silang (crossword) dapat memberikan prestasi belajar lebih tinggi dibanding dengan TAI dilengkapi Lembar Kerja Siswa (LKS) pada materi koloid siswa kelas XI SMA Negeri 3 Surakarta semester genap tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen, sampel terdiri dari 2 kelas. Teknik pengambilan data dengan tes untuk aspek kognitif dan angket untuk aspek afektif. Teknik analisis data dengan uji hipotesis menggunakan uji t-pihak kanan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan penggunaan penggunaan model pembelajaran TAI dengan proyek teka-teki silang memberikan prestasi belajar lebih tinggi dibandingkan dengan TAI dilengkapi Lembar Kerja Siswa, terbukti dari hasil uji t-pihak kanan untuk prestasi belajar kognitif dan afektif diperoleh thitung lebih besar daripada ttabel. Untuk prestasi belajar kognitif thitung (1,70) lebih besar daripada ttabel (1,672) dan untuk prestasi belajar afektif thitung (2,263) lebih besar daripada ttabel (1,672).Kata Kunci: TAI, teka-teki silang, LKS, koloid, prestasi belajar