KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO DAN SCHOOLOGY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (STUDI LITERATUR)
Main Authors: | Putranto, Andreas Aris Handoko, Rijanto, Tri |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Negeri Surabaya
, 2021
|
Online Access: |
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/37708 https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/37708/33359 |
Daftar Isi:
- Salah satu cara meningkatkan mutu, relevansi dan daya saing dalam sistem pembelajaran adalah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi melalui penggunaan media pembelajaran e-learning berbasis edmodo dan schoology. Tujuan dari studi literatur ini: (1) mengetahui penggunaan media e-learning dalam meningkatkan hasil belajar ranah kognitif siswa; (2) mengetahui media e-learning yang paling efektif meningkatkan hasil belajar ranah kognitif siswa. Studi literatur ini diperoleh dari artikel penelitian ilmiah dari rentang tahun 2015-2020 dengan menggunakan Google Schoolar dengan kata kunci edmodo dan schoology. Setelah dilakukan identification, screening, dan egibility dari 151 artikel terdapat 8 artikel yang sesuai dengan tujuan penelitian. Berdasarkan kajian literatur dan hasil penelitian yang relevan diperoleh kesimpulan: (1) penggunaan media e-learning mampu meningkatkan hasil belajar ranah kognitif siswa dengan rerata skor 81,35 dengan nilai terendah 71,25 dan nilai tertinggi 91,454; (2) penggunaan media elearning berbasis schoology lebih efektif meningkatkan hasil belajar ranah kognitif siswa dibandingkan edmodo dengan rerata skor 83,68 dengan nilai terendah 75,97 dan tertinggi 91,454.