Daftar Isi:
  • THE EFFECT OF SOSCIAL MEDIA MARKETING, PRICE PERCEPTON, AND TASTE ON PURCAHSING DECISIONS ( STUDY AT TENERA BAKERY CIANTRA) Rita Dewi Agesti 1) Basar Maringin Hatauruk 2) ABSTRACT This study aims to determine the effect of social media marketing, price perception, and taste on purchasing decisions at Tenera Bakery Ciantra. This reseach uses quantitative approach mentods. Which is where variables are measuring using a Likert scale. Sampling techniques use accidental sampling. Because the population in this study is unknown is number, the foemula needed to know the number of sample is to use the Lemeshow formula and get a sample og 97 respondents. The data processing was carried out using IBM SPSS Statistics software version 23. The tests used are validity test, reliability test, classical assumption test, multiple linear regression analysis, t test and analysis of the coefficient of determination (R2). The results of the study explain that social media marketing has a positive and significant effect on purchasimg decisions with a t count value of 3,989 > t table 1.985 a significance value of 0.000 <0.5, price percepcion has a positive and significant effect on employee productivity with a t count value of 2,305 > t table 1.985 significance value 0.000 <0.5, and taste has no effect and is not significant on employee productivity with a t count of 1,236 t table 1.989 significance value 0.220 <0.5. Then in the Determination of R Square, the adjusted R square number of 0.955 is obtained. This indicates that the presentation of the influence of job training, work discipline and work ethic variables on work productivity is 95.5%, while the remaining 4.4% is influenced by other variables not included in this research model. Keywords : Social Media Marketing, Price Perception, Taste, Purchasing Decisions 1) Mahasiswa 2) Dosen Pembimbing xv PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING, PERSEPSI HARGA DAN CITA RASA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PADA TENERA BAKERY CIANTRA) Rita Dewi Agesti 1) Basar Maringin Hatauruk 2) ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh social media marketing, persepsi harga, dan cita rasa terhadap keputusan pembelian (studi kasus pada produk Tenera Bakery). Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuanitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Dikarenakan populasi dalam penelitian ini tidak diketahui jumlahnya, maka rumus yang dibutuhkan untuk mengethaui jumlah sampel adalah dengan menggunakan rumus Lemeshow dan di dapat sampel yaitu berjumalh 97 responden. Pengolahan data dilkukan dengan menggunakan software IBM SPSS Statistic Versi 23. Uji yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi lasik, analisis regresi linear berganda, uji t dan analisis koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menerangkan bahwa sosial media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung sebesar 3,989 > t tabel 1,985 nilai signifikasi 0,000 < 0,5, Persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung sebesar 2,305 > t tabel 1,985 nilai signifikasi 0,000 < 0,5, cita rasa tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung sebesar 1,236 > t tabel 1,989 nilai signifikasi 0,220 < 0,5. Kemudian pada Determinasi R Square diperoleh angka adjusted R square sebesar 0,415 hal ini menunjukkan bahwa presentasi sumbangan pengaruh variabel social media marketing, Persepsi harga, dan cita rasa terhadap keputusan pembelian sebesar 41,5 % sedangkan 58,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini. Kata Kunci : Sosial Media Marketing, Persepsi Harga, dan Keputusan Pembelian 1) Mahasiswa 2) Dosen Pembimbing