PENGARUH NOSTALGIA MARKETING, SERVICE EXCELLENT DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG (Studi Pada Jasa Foto ENC Di Media Instagram)
Daftar Isi:
- ABSTRAK PENGARUH NOSTALGIA MARKETING, SERVICE EXCELLENT DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG (Studi Pada Jasa Foto ENC Di Media Instagram) Muhamad Fikri Ferdyasah, Kuwat Riyanto Media instagram tidak dapat disangkal merupakan salah satu platform media sosial terpopuler saat ini. Platform ini tidak biasa karena dapat digunakan untuk keperluan pribadi atau perusahaan, serta sebagai media periklanan (Adsense) untuk merek tertentu. (Mustafa Iman, 2020) Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode nonprobability sampling dengan convenience sampling dan pengumpulan data dilakuan dengan kuesioner melalui google form, data yang terkumpul diuji dengan validitas diskriminan dan reliabilitas, Teknik analisis data menggunakan model Structural Equation Modeling (SEM) yang didasarkan pada model persamaan struktural berbasis varians atau komponen dengan bantuan Software SmartPLS Versi 3.2.9. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Dengan responden 50 berdasarkan uji Analisa menghasilkan sebagai berikut : (1) Nostalgia Marketing (X1) berpengaruh positif dan signifikan namun lemah sebesar 48,9% (0,489) terhadap keputusan pembelian (Y) pada pengguna media instagram. Lemahnya peranan Nostalgia marketing jasa foto enc art adanya variabel lain diluar penelitian ini yang mempengaruhi konsumen untuk melakukan keputusan pembelian ulang. (2) Service excellent (X2) berpengaruh positif dan signifikan namun lemah sebesar 77,2% (0,772) terhadap keputusan pembelian ulang (Y) pada pengguna media instagram. Lemahnya peranan service excellent terhadap keputusan pembelian ulang disebabkan karena kualitas produk yang didapatkan sehingga konsumen merasa kurang puas dengan pelayanan yang diberikan. (3) Iklan (X3) berpengaruh negatif 48,9% (-0,336) terhadap keputusan pembelian (Y) pada pengguna media instagram. Kata kunci: Keputusan Pembelian Ulang, Nostalgia Marketing, Service Excellent, Iklan