PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFICT PEDAGOGY FISIKA BERBASIS GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DAN SIKAP ILMIAH SISWA
Main Author: | Basuki, Fibrika Rahmat |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Pendidikan Kimia Unimus
, 2015
|
Online Access: |
https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPKIMIA/article/view/1471 https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPKIMIA/article/view/1471/1524 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan SSP fisika berbasis guided inquiry, dan 2) mengatahui pengaruh penerapan SSP fisika berbasis guided inquiry terhadap peningkatkan keterampilan proses dan sikap ilmiah siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembanganyang menggunakan model 4D. Tahap penelitian ini meliputi define, design, dan develop. Subjek uji coba adalah siswa SMA N 9 Yogyakarta yang terdiri dari enam siswa untuk uji terbatas dan 61 siswa untuk uji coba lebih luas (eksperimen dan kontrol). Instrumen pengumpulan data yangdigunakan adalah lembar validasi, angket respon siswa, lembar keterlaksanaan RPP, tes keterampilan proses, dan angket sikap ilmiah. Data hasil validasi dan respon siswa dianalsis secara deskriptif. Data keterampilan proses dan sikap ilmiah dianalisis dengan uji MANOVA. Hasilpenelitian ini adalah sebagai berikut: 1) SSP yang dikembangkan meliputi silabus, RPP, LKS, dan lembar penilaian keterampilan proses serta sikap ilmiah. SSP fisika berbasis guided inquiry berdasarkan hasil penilaian ahli, guru fisika, teman sejawat, dan hasil uji coba lapangan dinyatakanlayak digunakan dalam pembelajaran fisika; dan 2) penerapan SSP fisika berbasis guided inquiry berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan proses dan sikap ilmiah siswa.Kata kunci: SSP, keterampilan proses sains, dan sikap ilmiah