PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

Main Authors: Guspiani, Helda, Nurhanurawati, Nurhanurawati, Djalil, Arnelis
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan Matematika Unila , 2013
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/3277
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/3277/2038
Daftar Isi:
  • This quasi experimental study aimed to analyze the effect of the implementation of cooperative learning model of think pair share type towards studentâ€TMs conceptual understanding of mathematics. The population in this study was all grade eight students in second semester of SMP Negeri 1 Terbanggi Besar in academic year 2012/2013 as many as 210 students that distributed into 6 classes. The sampling in this study used purposive sampling technique so it obtained 2 classes that were VIIIB and VIIIC. The design used in this study was posttest only design. Based on the analysis of data, it found that the studentâ€TMs conceptual understanding of mathematics by cooperative learning model of think pair share type was better than studentâ€TMs conceptual understanding of mathematics by conventional learning. Thus, it could be concluded that there was an influence of cooperative learning model of think pair share type towards studentâ€TMs conceptual understanding of mathematics.Penelitian ini merupakan eksperimen semu yang bertujuan untuk me­nganalisis pengaruh penerapan model pem­belajar­an kooperatif tipe think pair share terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 1 Terbanggi Besar Tahun Pelajaran 2012/2013 sebanyak 210 siswa yang terdistribusi dalam 6 kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini meng­gunakan teknik purposive sampling sehingga terpilih 2 kelas yaitu VIIIB dan VIIIC. Desain yang diguna­kan dalam penelitian ini adalah post-test only design. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa pemahaman konsep ma­tematis siswa yang memperoleh pembelajaran koope­ra­tif tipe think pair share lebih baik dari pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh pembelajaran konvensio­nal. Dengan demikian, dapat disimpul­kan bahwa terdapat pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe think pair share ter­hadap pemahaman konsep matematis siswa.Kata kunci: pemahaman konsep mate­ma­tis, pengaruh, think pair shareÂ