PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS
Main Authors: | Guspiani, Helda, Nurhanurawati, Nurhanurawati, Djalil, Arnelis |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Matematika Unila
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/3277 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/3277/2038 |
Daftar Isi:
- This quasi experimental study aimed to analyze the effect of the implementation of cooperative learning model of think pair share type towards studentâ€TMs conceptual understanding of mathematics. The population in this study was all grade eight students in second semester of SMP Negeri 1 Terbanggi Besar in academic year 2012/2013 as many as 210 students that distributed into 6 classes. The sampling in this study used purposive sampling technique so it obtained 2 classes that were VIIIB and VIIIC. The design used in this study was posttest only design. Based on the analysis of data, it found that the studentâ€TMs conceptual understanding of mathematics by cooperative learning model of think pair share type was better than studentâ€TMs conceptual understanding of mathematics by conventional learning. Thus, it could be concluded that there was an influence of cooperative learning model of think pair share type towards studentâ€TMs conceptual understanding of mathematics.Penelitian ini merupakan eksperimen semu yang bertujuan untuk meÂnganalisis pengaruh penerapan model pemÂbelajarÂan kooperatif tipe think pair share terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 1 Terbanggi Besar Tahun Pelajaran 2012/2013 sebanyak 210 siswa yang terdistribusi dalam 6 kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini mengÂgunakan teknik purposive sampling sehingga terpilih 2 kelas yaitu VIIIB dan VIIIC. Desain yang digunaÂkan dalam penelitian ini adalah post-test only design. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa pemahaman konsep maÂtematis siswa yang memperoleh pembelajaran koopeÂraÂtif tipe think pair share lebih baik dari pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh pembelajaran konvensioÂnal. Dengan demikian, dapat disimpulÂkan bahwa terdapat pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe think pair share terÂhadap pemahaman konsep matematis siswa.Kata kunci: pemahaman konsep mateÂmaÂtis, pengaruh, think pair shareÂ