EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MATEMATIKA
Main Authors: | Nurhasanah, Nurhasanah, Asnawati, Rini, Djalil, Arnelis |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Matematika Unila
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/1927 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/1927/1172 |
Daftar Isi:
- Think Pair Share is one of cooperative learning model that giving student enough time to think, answer, and help each other. This was a quasi experimental research which aimed to know the effectivity of Think Pair Share (TPS) model viewed by study mathematics result of student. Samples were students of VII A and VII B class that was determined by purposive sampling technique. Post-test only was used in this research. The result of this research showed that cooperative learning model-TPS type was effective in mathematics learning viewed by study mathematic result in seventh grade students of SMP Negeri 21 Bandarlampung even semester in academic year 2012/2013.Think Pair Share (TPS) merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang memberikan siswa cukup banyak waktu untuk berfikir, merespon dan saling membantu satu sama lain.  Penelitian ini adalah eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS ditinjau dari hasil belajar matematika siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII A dan VII B yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan post-test only. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS efektif jika diterapkan pada pembelajaran matematika ditinjau dari hasil belajar mateÂmaÂtika pada siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 21 Bandarlampung tahun pelajaran 2012/2013.Kata kunci: efektivitas, hasil belajar, TPS