PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS
Main Authors: | Kurniawan, Hendra, Gunowibowo, Pentatito, Djalil, Arnelis |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Matematika Unila
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/1553 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/1553/931 |
Daftar Isi:
- This quasi experimental research aims to know the influence of cooperative learning model of NHT type towards studentâ€TMs mathematical conceptual understanding. The population is all students of eightth grade of Junior High School State 8 Bandar Lampung in academic year 2012-2013, they are from regular class and divided into nine classes. Samples are all students of VIII-B and VIII-C that are determined by purposive sampling technique. Based on analysis of data, it is gotten that studentâ€TMs mathematical conceptual understanding on cooperative learning model of NHT better than studentâ€TMs mathematical conceptual understanding of conventional learning. Thus, cooperative learning model of NHT type effects studentâ€TMs mathematical conceptual understanding.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap pemahaman konsep matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 8 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012-2013 yang bukan berasal dari kelas unggulan dan terdiri dari sembilan kelas. Sampel dalam penelitian adalah siswa pada kelas VIII-B dan VIII-C yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan analisis data penelitian diperoleh hasil peÂmahamÂan konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik daripada pembelajarÂan konvensional. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe NHT berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa.Kata Kunci: NHT, pemahaman konsep matematis, pengaruh