Efektivitas Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition Ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa
Main Authors: | Muzayyana, Ridha, Coesamin, M, Djalil, Arnelis |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Lampung
, 2018
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/15097 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/15097/pdf |
Daftar Isi:
- This researchaimed to know the effectiveness ofAuditory, Intellectually, RepetitionLearning in terms students’ understanding of Mathematical concepts. This research used one group pretest-posttest desain with population wasstudents of grade VII in SMP Global Madani Bandarlampung. The samples of this research was students of VIII/3class which were chosen by purposive sampling technique. Research data of students’ understanding of Mathematical concepts obtained through the test.The result of data analised by Wilcoxon test and Binomial Sign Test showed that Auditory, Intellectually, RepetitionLearning Model was effective in terms students’ understanding of Mathematical concepts.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran auditory, intellectually, repetition (AIR) ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini menggunakan desain one group pretest-posttest dengan populasi adalah seluruh siswa kelas VII SMP Global Madani Bandarlampung. Sampel penelitian yaitu siswa kelas VII/3 yang dipilih dengan teknik purposivesampling. Data kemampuan pemahaman konsep matematis siswa diperoleh melalui tes. Hasil analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan uji Tanda Binomial menunjukkan bahwa pembelajaran AIR efektif ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.Kata kunci: auditory intellectually repetition, efektivitas, pemahaman konsep matematis