PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA
Main Authors: | Aprilia, Richa Putri, Asnawati, Rini, Djalil, Arnelis |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Matematika Unila
, 2013
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/1460 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/1460/863 |
Daftar Isi:
- This quasi experimental research aims to know the influence cooperative learning model of NHT type towards studentâ€TMs mathematical conceptual understanding. The population is all students of seventh grade of Junior High School State 22 Bandar Lampung in academic year 2012-2013, they are from regular class and divided into six classes. Samples are VIIB and VIIG that is determined by purposive sampling technique. Based on analysis of data, it gotten that studentâ€TMs mathematical conceptual understanding on cooperative learning model of NHT better than studentâ€TMs mathematical conceptual understanding of conventional learning. Thus, cooperatif learning model of NHT type influences towards studentâ€TMs mathematical conceptual understanding. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap pemahaman konsep matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 22 Bandar Lampung tahun pelajaran 2012-2013 yang bukan berasal dari kelas unggulan dan terdiri dari enam kelas. Sampel dalam penelitian adalah siswa pada kelas VII-B dan VII-G yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan analisis data penelitian diperoleh hasil peÂmahamÂan konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik daripada pembelajarÂan konvensional. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe NHT berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci: NHT, pemahaman konsep matematis, pengaruh